30 Nov 2012

Tips dan Cara Bersihkan Interior Mobil

bengkel salon mobil semarang
Tips Umum - Interior cabin mobil Anda bersih rasanya enak dipandang, tapi tidak hanya bikin perasaan tenang bawa mobilnya tapi juga bagus buat kesehatan kita semua. Kenapa bisa begitu karena efek suhu dalam mobil sifatnya berubah-ubah dan ini menyebabkan suhu cabin menjadi lembab dan bisa timbul jamur dan bakteri yang nantinya bisa terganggu kesehatan kita seperti flu dan gangguan pernafasan.
Mari simak tips ringan bagaimana untuk Tips membersihkan interior pada mobil Anda yaitu :

  • Cara Membersihkan Debu dengan Benar pada Mobil Anda
    • Awali dengan melepas karpet mobil lalu vacuum lantainya, kursi atau jok, dan jangan lupa karpetnya juga. Perlu diketahui bahwa debu juga masuk di celah-celah jadi perlu dibersihkan, kemudian di bagian bawah jok juga sering di hinggapi debu dan sela-sela pintu, lalu di sekitar pedal dan daerah antara kursi depan dan pusat konsol.
  • Cara Bersihkan Jok Kulit Mobil
    • Apabila jok mobil anda terbuat dari bahan kulit jangan terlalu kuat-kuat menekan vacuum cleener pada permukaan kulit, ini bisa tergores lapisan kulitnya. 
    • Lalu hindari menggunakan lap basah itu bisa bikin tekstur kulit menjadi keras dan kaku. Namun rupanya merawat dan menjaga kelestarian jok kulit itu tidak susah kok, cukup dengan handbody/lotion perawatan kulit untuk wanita, merek apa aja kalau bisa mereknya pilih yang murah aja. 
    • Caranya oleskan pada permukaan kulit lalu usap dengan lap kering atau dengan tangan kosong juga bisa. Jika ketumpahan minuman segera usap menggunakan tisu, kalo lama dibiarkan bisa juga merusak tekstur pada kulit jok mobil Anda.
  • Cara Bersihkan Jok Kain Mobil
    • Biasanya kalo jok kain saya pasrahkan pakai pembersih khusus, sekarang juga banyak dijual dan macam-macam mereknya. Bisa didapat di toko variasi dan supermarket. Caranya cukup semprot secara merata pada pelapis kursi atau pintu dan gosok dan bersihkan dengan kain kering.
    • Jika Anda tidak memiliki pembersih jok, bisa pakai deterjen, tapi campuran deterjennya sedikit saja lalu campurkan dengan air hangat, celupkan kain bersih ke dalamnya, peras dengan baik dan kemudian usap kursi perlahan-lahan. Jika kursi Anda sangat kotor dan terdapat noda, gosok dengan kain yang sudah dibasahi air hangat dan sedikit deterjen, lalu peras.... Kemudian usapkan pada kursi yang terkena noda tadi, jika jok sedikit basah akibat usapan lap tadi bisa dikeringkan dengan hairdryer atau di angin-angin saja pakai kipas angin.
    • Jangan pernah merendam kursi dengan air, akan menyebabkan noda dan bau di jok mobil Anda.
  • Cara Bersihkan Karpet Mobil
    • Karpet mobil,... paling mudah perawatannya cukup gosok dengan deterjen yang telah di campur dengan air, bersihkan dan gosok perlahan-lahan dengan sikat lalu usap dengan kanebo atau lap kering kemudian jemur. Jangan merendam karpet dengan air terlalu lama bisa bikin karet jadi bau dan timbul jamur disertai rusaknya karpet mobil Anda.
  • Membersihkan dan Polishing Dasbor
    • Sikat lembut untuk bagian dashboard dan pintu. Hindari penggunaan lap setengah basah, kenapa seperti itu karena panel instrumen atau tombol-tombol audio, lampu, dan sebagainya bisa rusak atau konslet.
  • Cara dan Tips hilangkan bau apek dari AC
    • Pernah sewaktu itu naik mobil kawan mencium bau tak sedap, bau tersebut berasal dari hembusan angin di AC Mobilnya, rasanya seperti bau lembab dan agak terasa bau jamur. Tentunya dapat mengganggu penumpang dan pengemudi.
    • Jika Anda mengalami bau yang tidak menyenangkan dari ventilasi AC yang telah dihidupkan, Anda dapat mencoba salah satu cara dengan membeli parfum mobil yang dapat dibeli di toko. Pilih pengharum yang berbau soft/lembut seperti buah-buahan, rose, dll agar memberikan kenyamanan pada saat Anda berkendara.
    • Pernah sewaktu itu beli pengharum AC yang dibeli di toko tapi kok masih bau apek ya malah aromanya seperti bau jamur lembab, itu akibat didalam ventilasi AC mobil anda terdapat kuman atau jamur yang hidup di ventilasi AC Anda tentunya sangat mengganggu kan. Ini mudah cara mengatasinya, yaitu membeli spray pembunuh bakteri dan jamur bisa dibeli di toko jika tidak ada bisa juga dibeli di asesoris mobil terdekat. Kalo saya biasanya menggunakan merek "Wynn" terbukti ampuh, kemudian cukup semprotkan ke intake ventilasi AC udara Mobil Anda (jangan lupa baca petunjuk cara pemakaiannya ya).

Jika masih tidak mempan bisa jadi ada penyumbatan pada tabung AC akibat kotoran atau kerak, ini bisa jadi akibat timbulnya jamur. Kalo gini terpaksa deh bawa ke tukang service AC mobil biar ditanganinya oleh ahlinya.

Artikel Terkait:

Posted by: Roy Wijaya Mr
Dealer Mobil Suzuki Semarang, Updated at: 00.49
Comments
3 Comments

3 komentar :

  1. Rawat interior mobil biasanya saya pasrahkan ke salon mobil, sambil saya tinggal belanja.

    BalasHapus
  2. saya pake mobil suzuki ESTEEM tahun 1995, apakah amasih ada spare part di bengekel resmi suzuki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ditanyakan pada pihak bengkel resmi Suzuki Pak masalah ketersediaan sparepartnya

      Hapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
083-84-22-78-725
082-13-37-86-056

PIN BB 26BBCE66

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

artikel paling banyak di baca

gratis-servis-mobil-suzuki

eXTReMe Tracker