30 Des 2012

Cara Cepat Kuras Oli Mesin sampai Bersih dan Ekonomis

cara cepat ganti oli mesin mobil

Cara Cepat Kuras Oli Mesin sampai Bersih dan Ekonomis

Tim Suzuki - Ketika kita hendak ke bengkel dan waktunya kita mengganti oli, tanpa kita ketahui sebenarnya oli masih berada di dalam mesin, biasanya sih terdapat pada lengkungan bawah camshaft dan ruang sirkulasi oli pada mesin Kita.

Sehingga Oli lama yang telah kotor dan kondisinya tidak baik ini menjadi menyatu dan bercampur dengan oli baru yang dituang masuk ke dalam mesin.

Pernah Saya melihat rekan kerja saya ingin ganti Oli mobilnya, dia harus menunggu ber jam-jam sampai oli lama menetes keluar sampai tidak tersisa. Bahkan rekan Saya rela meninggalkan mobilnya sampai esok hari demi mengeringkan ruang mesinnya, dari oli lama yang tersisa sampai tuntas. Di saat fajar pagi telah tiba teman saya tinggal memasang baut pembuangan, mengganti filter dan mengisi oli baru.

Untuk semua otomotif mania saya ada info sedikit yang saya dapat dari rekan mekanik bengkel Suzuki. Supaya mendapatkan hasil yang lebih bersih dalam menguras sebuah oli mobil dan tanpa perlu menunggu lama sampai oli kering. Dapat mencoba tips berikut :

Alat dan bahan : 1 liter oli mesin kelas ekonomi SAE 20W-50 atau 15W-40 untuk membilas.

Tahapannya yaitu :
mekanik bengkel mobil
  1. Oli lama dibuang semua
  2. Setelah oli yang keluar sudah menetes jarang-jarang, maka tuang 1 liter oli mineral 20W-50 untuk mendorong sisa-sisa oli kotor keluar.
  3. Setelah oli yang keluar juga sudah menetes jarang-jarang, maka tuang sekitar 200-300 cc dari oli baru yang akan digunakan, untuk mendorong sisa-sisa oli 20W-50 tadi keluar semua.
  4. Setelah aliran dari lubang pembuangan oli mulai menetes maka bisa tutup lubang pembuangan oli dengan bautnya.
  5. Masukan oli baru Anda.
masukan tuang oli mesin mobil
Tuang Oli Barunya
Tutup Baut Penutup Oli
Catatan penting :
  • Berhati-hatilah saat menyemprotkan udara atau angin pada karter dengan alat kompressor saat membuang oli lama, sebab terkadang udara angin kompressor mengandung air. Cek dulu angin kompressor yang digunakan apakah benar-benar kering sepenuhnya.
  • Rekan mekanik Suzuki merekomendasikan penggantian oli mesin diikuti dengan penggantian filter olinya juga, agar kinerja pelumasan pada mesin tetap maksimal.
  • Prosedur ganti oli di atas juga dapat dilakukan pada penggantian oli mesin dengan bantuan mesin sedot.
  • Prosedur pembilasan dengan bantuan 1 liter oli 20W-50 juga sangat direkomendasikan saat kita melakukan flushing dengan engine flush, karena cairan engine flush itu adalah detergent kuat dan solvent, maka sisa cairan engine flush yang bercampur dengan oli lama harus terbilas total dari mesin.

Demikian artikel saya mengenai " Cara Cepat Kuras Oli Mesin sampai Bersih dan Ekonomis "

Selamat mencoba...

Artikel Terkait:

Posted by: Roy Wijaya Mr
Dealer Mobil Suzuki Semarang, Updated at: 22.24
Comments
1 Comments

1 komentar :

  1. Berarti tidak apa ya di tuang dengan oli mineral jenis 20W-50 untuk flushing. Memang membersihkan sisa oli lama nunggu keluar sampai bersih jadi supaya kualitas oli baru tetap terjaga. Cara kuras oli yang menarik mas, bagi tips nya lagi ya mas

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
083-84-22-78-725
082-13-37-86-056

PIN BB 26BBCE66

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

artikel paling banyak di baca

relasi customer mobil suzuki gratis-servis-mobil-suzuki

eXTReMe Tracker
cari artikel mobil