Cara pilih Shockbreker dan merawat Suspensi Mobil

per mobil baleno
Beberapa orang pada umumnya hanya mengetahui mesin dan asesoris mobil saja, bahkan menganggap dirinya sudah ahli dibidang itu. Saya pun juga begitu jika ditanya mengenai suspensi atau soal understel, saya kurang begitu paham.
Lalu saya inisiatif mencoba bertanya pada ahlinya untuk mencari informasi bagaimana cara merawat, memilih, dan mengganti jika suspensi kita mengalami kerusakan atau fungsi kelenturan per sudah menurun.

Kebetulan dari pertanyaan saya ini mengingat kondisi kendaraan saya yaitu baleno kualitas pernya sudah tidak baik, sudah terasa keras dan terdapat bunyi bunyian asing, bantingan keras, mobil oleng atau limbung di kecepatan tinggi. Mungkin bagi yang memiliki mobil tua pasti juga mengalami hal yang sama seperti yang saya rasakan.

Dibawah ini saya jelaskan sedikit tentang bagian-bagian understeel dan suspensi mobil,cara merawat,masalah-masalah yang sering terjadi,dan tips memilih suspensi yang baik.

Berikut Bagian-bagian Suspensi mobil.
  • Suport
  • Per/Coil Spring
  • Shock Absorber/Shock breaker
  • Stoper Damper
Bagian Understeel mobil.
  • Swing ARM
  • Boll Joint
  • Tie Rod
  • Rack And
  • Stabiliser

Cara merawat understeel dan suspensi mobil.
  1. Priksa secara berkala bagian-bagian understeel dan suspensi.
  2. Pastikan anda melakukan pencucian di bagian bawah mobil, terutama di bagian suspensi dari pasir atau kotoran, terutama pada saat musim hujan.
  3. Pastikan bagian yang berbahan karet bebas dari oli,segera bersihkan apabila ada,karena sifat oli akan merusak struktur karet.
  4. Lakukan STEEM pada bagian yang terdapat pen dof(boll joint,tie rod) dengan greas/gemuk.hal ini akan memperpanjang umur bagian tersebut.
  5. Pastikan Shock breaker dalam keadaan baik. bila terjadi kebocoran yang ditandai keluarnya oli,segeralah lakukan penggantian.Adapun pabrikan mobil biasanya merekomendasikan penggantian shock breaker setiap 45.000 km - 50.000 km.
  6. Pastikan Tutup debu shock breaker dalam keadaan baik,bagian ini sangat penting untuk mencegah masuknya krikil atau pasir yang bisa merusak seal shock breaker sehingga akan terjadi kebocoran.
  7. Pastikan Stoper Damper yang terletak di tengah AS shock breaker dalam keadaan baik.bagian ini jga sangat penting.
  8. Pastikan Per/Coil Spring duduk pada posisinya yang tepat.
  9. Jangan memasukkan selang pada Per/Coil Spring karena dapat menyebabkan karat yang bisa terjadi patahnya Per/Coil Spring.
Tips memilih Suspensi yang baik.
  • Pastikan Anda membeli shock breaker yang asli, karena banyak shock breaker di pasaran yang palsu atau produk tembakan.
  • Cara yang paling mudah membedakan shock breaker asli dan yang palsu adalah, gores sedikit pada CATnya.bila susah mengelupas,kemungkinan besar adalah yang Asli,dan apabila gampang tergores, maka anda wajib meragukan keasliannya.
  • Untuk memilih merek,merek yang paling bagus adalah merek pabrikan atau genuine part. dan jika anda terpaksa membeli merek lain,pastikan sesuai dengan kebutuhan anda (medan yang sering di lalui,beban yang sering dimuat).
  • Jika medan jalan yang sering anda lalui adalah medan berat,berarti anda harus memilih shock breaker yang tekanan gasnya lebih besar.
  • Jika anda ingin membuat Ceper mobil,hindari ceper dengan melakukan pemotongan pada Per/Coil Spring nya.karena hal ini akan menyebabkan kerusakan pada shock breker, atau bahkan bantingan mobil akan terasa sangat keras.
  • Gunakan Low Ring/per ceper untuk mobil ceper.
Masalah - masalah yang sering terjadi.
  • Bantingan keras = kemungkinan shock breker bocor,shock breker macet,per patah.
  • Terdengar bunyi-bunyi asing=kemungkinan terjadi karena ada bagian yang longgar,atau terjadi kerusakan shock breaker dan understelnya.
  • Ban habis tidak rata/habis sebelah=kemungkinan per patah/melesat dari dudukannya,shock breaker rusak.
  • Mobil limbung/oleng pada kecepatan tinggi=shock breaker rusak, lakukan sporing dan balancing.

Berikut tips dan saran dari ahlinya per mobil dan rajanya kaki kaki mobil, untuk menjawab jika terjadi masalah suspensi pada mobil Anda dan ingat, selalu taati peraturan lalu lintas dan gunakan sabuk keselamatan Anda. Terimakasih.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

5 Responses to "Cara pilih Shockbreker dan merawat Suspensi Mobil"

  1. mas memang betul terkadang merawat suspensi saya juga kurang begitu mengerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga kok mas, aku aja lagi belajar. hehehe

      Hapus
  2. shockbreaker sering cepat rusak krn jalanan kota sudah kayak kubangan lumpur --'

    *jalan sudirman thamrin, di pusat kota jakarta saja banyak lubangnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kubangannya ya mas, kok tidak minta usul diperbaikin

      Hapus
  3. saya mau nanya tentang kalimat di atas.
    Jangan memasukkan selang pada Per/Coil Spring karena dapat menyebabkan karat yang bisa terjadi patahnya Per/Coil Spring. maksudnya jangan memasukkan selang. maksudnya jangan memasukkan air ya...

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

close
call center suzuki