24 Des 2012

Ciri-Ciri Busi Mobil Harus Diganti

Ciri-ciri Busi Mobil Harus Diganti
 Komponen yang kecil ini tidak bisa kita anggap remeh dan sangat diperhatikan, karena busi adalah unsur penting pada mesin, kinerja parts ini harus mampu memberikan pengapian mobil agar dapat bekerja secara optimal. Gejala mesin mobil yang susah hidup atau menyala biasanya busi perlu diganti karena faktor usia dan pengapian sudah melemah dan akibatnya mesin jadi kurang bertenaga.

Faktor lain performa mesin jadi menurun dan loyo, bisa dikatakan busi yang sudah lama tidak pernah diganti. Akibatnya bensin jadi boros dan tingkat asupan bensin ke ruang mesin jadi meningkat karna arus percikan api yang ditimbulkan dari arus listrik pada busi melemah sehingga aliran bensin ke ruang mesin menjadi semakin deras. Untuk mobil baru yang memiliki platina, penggantian busi bisa dilakukan setiap 60 ribu mil atau sekitar 96 ribu km. Sedangkan untuk mobil lama sebaiknya ganti dilakukan setiap 15 ribu mil atau 24 ribu km.

contoh busi baik dan buruk harus diganti
 Ciri Busi Mobil Harus Diganti, Anda sebenarnya dapat melihat fisik dari busi untuk menilai pengapiannya, semua itu dapat dilihat pada warna ujung insulator busi itu sendiri. Kondisi masih baik jika ujung insulator dan elektrode busi berwarna abu-abu terang atau coklat kemerah-merahan.

Lekas periksa setelan injeksi, kemudian mekanisme cuk, saringan udara, atau jika perlu ganti busi yang sesuai, apabila elektrode dan busi tertutup dengan jelaga hitam. Indikasi yang terakhir ialah bensin dan oli tercemar bahan lain seperti air, apabila ujung insulatornya tampak berwarna kuning agak coklat muda dan terkadang muncul warna hijau agak basah.
Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai mengganti busi :
  • Parkir mobil pada daerah yang rata dan pastikan mesin sudah dalam kondisi mati.
  • Jika mobil baru dipakai, tunggulah kurang lebih dua jam untuk memastikan mesin sudah benar-benar dingin.
  • Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, sebaiknya lepaslah aki mobil anda.
Langkah-langkah nya dalam mengganti busi yaitu :
  1. Bersihkan bagian dari busi dengan menggunakan semprotan angin dengan berkekuatan tinggi, semprotan angin bisa didapat dari air compressor. Membersihkan kerak dengan menggunakan air compressor pada busi sangatlah penting sehingga kotoran atau karbon fluida jika saat dibersihkan tidak ada yang jatuh ke dalam silinder.
  2. Lepaskan kawat busi dengan memutar tutup karetnya sambil menariknya. Jangan langsung menarik kabel busi, karena hal itu bisa merusaknya. Lepaslah busi dari socket-nya dengan memutarnya.
  3. Peringtan keras agar supaya kita bisa hati-hati, jangan menjatuhkan apapun ke atas silinder mesin, piston atau head. Kerusakan serius pada silinder atau head akan terjadi jika ada benda asing yang jatuh dalam padanya.
  4. Sebaiknya busi baru yang akan dipasang sudah tersedia lebih dulu sesuai spesifikasi pabrikan kemudian Pasanglah tiap busi di atas masing-masing silinder mesin.
Demikian informasi mengenai Ciri-ciri Busi Mobil harus diganti.

Artikel Terkait:

Posted by: Roy Wijaya Mr
Dealer Mobil Suzuki Semarang, Updated at: 23.27
Comments
3 Comments

3 komentar :

  1. Assalamualaikum,saya mau tanya mobil saya baleno th 2000.Ada sedikit masalah ketika masuk gigi 2 mobil jdi endut2an seperti kurang pasokan bahan bakar. kira2 ada masalah di bagian mana ya?mhn pencerahannya. terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baleno dari dulu memang gitu om, penyakit yang tidak bisa di hilangkan. Tapi yang bikin salut sama baleno mesin nya bandel dan bensinnya irit banget. Lagi pula banyak Suzuki Jimny sekarang diganti dan di aplikasikan dengan mesin baleno.

      Hapus
  2. kalo mobil jalannya selalu tersendat2x apakah businya harus diganti ? suzuki ertiga
    terima kasih

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
083-84-22-78-725
082-13-37-86-056

PIN BB 26BBCE66

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

artikel paling banyak di baca

relasi customer mobil suzuki gratis-servis-mobil-suzuki

eXTReMe Tracker
cari artikel suzuki