Membaca Masa Berlaku Pemakaian Ban Mobil

Info Umum - Ban adalah suatu benda yang memiliki masa kadaluarsa atau masa berlaku, baik jika disimpan terlalu lama tanpa terpasang di mobil, atau jika terpasang di mobil yang sangat jarang digunakan.

Untuk mengetahui bulan & tahun produksi ban maka kita bisa perhatikan 4 angka yang tertera pada bagian dekat bibir velg (lihat gambar).

2 angka di depan menandakan minggu, 2 angka di belakang menandakan tahun.

Misalnya saja tertulis 2710 maka berarti ban tersebut dibuat pada minggu ke 27 tahun 2010

Masa kadaluarsa ban yang disimpan di gudang adalah 6 tahun, dalam artian jika kita membeli ban yang sudah berusia lebih dari 6 tahun sejak diproduksi maka pengguna akan menghadapi resiko yang sangat besar disebabkan karet ban yang sudah sangat getas sehingga menjadi lebih mudah retak dan akhirnya pecah.

Dan untuk kemananan maksimal sebaiknya belilah ban yang benar-benar "Fresh from the Oven" dimana baru berusia beberapa bulan semenjak ban tersebut diproduksi.

Juga untuk ban yang digunakan pada mobil yang amat sangat jarang dipakai, gantilah ban jika usia ban sudah 6 tahun dan untuk keamanan maksimal sebaiknya diganti lebih awal akan lebih baik, misalnya diganti di tahun ke 4.
Terima Kasih
Atas Perhatiannya
Salam Hormat Kami
Roy Zakki Wijaya

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

3 Responses to "Membaca Masa Berlaku Pemakaian Ban Mobil"

  1. Ban mobil ternyata ada masa pemakaian juga ya...saya pikir ban mobil umurnya diukur dari ketebalan ban mobilnya saja

    BalasHapus
  2. Bulu karet yg terdapat pada bibir ban sepanjang lingkaran ban itu bisa utk melihat usia ban, semakin menipis bulu karet semakin tua usia ban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Pak Arifie itu bisa menjadi patokan kita, tapi alangkah benarnya jika kita melihat usia ban dari pinggiran Ban mobil. Disitu tertera masa berlakunya. Terima kasih atas follow up Komennya

      Hapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

close
call center suzuki