10 Des 2012

Mobil Baru Perlu Ganti Oli di 1000 Km?

Banyak pengguna mobil baru yang mendiskusikan perlu / tidaknya mengganti oli pada 1000 Km pertama, dimana pada umumnya produsen kendaraan menyatakan bahwa penggantian oli mesin langsung mengikuti jadwal normal seperti 5000 / 7500 / 10.000 Km dan oli Gardan langsung di 20 / 30 / 40.000 Km.
Bagaimana realita antara kondisi Mesin / Powertrain baru vs. oli bawaan pabrik?

Pengamatan yang dilakukan oleh team kami pada mobil-mobil baru versi CKD atau produksi Indonesia, umumnya ditemukan:
  1. Kondisi pelumas Gardan saat dibuang pertama biasanya mengandung partikel-partikel logam (gram)
  2. Kualitas pelumas mesin yang digunakan umumnya pas-pasan (pelumas mineral kelas ekonomi)
  3. Kualitas pelumas Transmisi manual & Gardan yang digunakan umumnya juga pas-pasan / pelumas kelas ekonomi
  4. Kualitas pelumas Transmisi otomatis adalah sesuai spec pabrik mobil / pabrik pembuat transmisi, untuk transmisi otomatik type Slip Lock umumnya ATF yang digunakan sejak baru adalah ATF sesuai spesifikasi pabrik yang berkualitas.

Dari hasil pengamatan sejauh ini, maka team Kami menyimpulkan bahwa pada 1000 Km pertama:
  • Pelumas Gardan dan Transmisi Manual sangat disarankan untuk diganti, untuk mengeluarkan sisa-sisa partikel logam. Untuk pelumas Gardan kendaraan penumpang gunakan pelumas SAE 80W-90 / 85W-90 / 90 dengan API GL-5 atau pelumas gardan LSD comply (bagi mobil 4X4) atau lihat spesifikasi yang disarankan pada buku manual kendaraan. Sedang pelumas transmisi manual sesuaikan dengan spesifikasi pada buku owners manual. Gunakan pelumas Gardan serta pelumas transmisi manual yang berkualitas.
  • Pelumas Mesin 
    • Pelumas mesin yang digunakan tiap pabrikan otomotif adalah berbeda-beda, tetapi banyak produsen yang menggunakan pelumas mesin kelas ekonomi (walau tidak semua).
    • Team Kami menyimpulkan akan lebih baik jika kita mengganti pelumas mesin bawaan pabrik di KM 1000 atau maksimal KM 2000. Gunakan pelumas mesin "mineral based" seperti pelumas mineral SAE 10W-30 untuk mesin bensin, sedangkan untuk diesel bisa gunakan pelumas SAE 15W-40 atau 10W-30 mineral based khusus diesel, sampai odometer mencapai 5000 Km dan sesudah itu Anda bebas gunakan pelumas Semi synthetic / Full Synthetic untuk mesin mobil Anda.
  • Pelumas Transmisi Otomatis
    • Pelumas transmisi otomatis mobil-mobil modern yang menganut transmisi otomatis type "Slip Lock" umumnya menggunakan ATF sesuai spec dari pabriknya dan Anda bisa gunakan sampai sejauh 20.000-25.000 Km sebelum diganti.
    • Transmisi otomatis type Slip Lock ini biasanya menggunakan ATF dengan spesifikasi tertentu seperti Toyota dengan standard Toyota T-IV / T-WS, Mitsubishi dengan standard Diamond SPIII, Nissan dengan ATF-D, Honda dengan standard Z-1, dll.
    • Untuk pelumas transmisi otomatis konvensional ber-standard Dexron II / III umumnya juga menggunakan ATF kelas ekonomi. Jika Anda menginginkan kinerja transmisi yang lebih baik maka di 10.000 Km bisa diganti dengan ATF ber-standard Dexron III yang berkualitas.
    • Sedangkan transmisi otomatis CVT maka Anda bisa ikuti petunjuk pada buku manual dan gunakan type pelumas CVT yang disebutkan pada buku manual. Jika mobil sering membawa beban / dikemudikan pada kecepatan tinggi maka interval penggantian pelumas CVT sebaiknya dipercepat.
Catatan :
Rekomendasi kami di atas berlaku untuk mobil-mobil produksi Indonesia, mobil assembling CKD atau SCKD.

Disclaimer :
Keputusan akhir untuk mengganti pelumas mobil baru di KM 1000 / 2000 atau nanti di 5000 / 7500 / 10.000 Km adalah kembali kepada masing-masing user.

Artikel Terkait:

Posted by: Roy Wijaya Mr
Dealer Mobil Suzuki Semarang, Updated at: 23.34
Comments
3 Comments

3 komentar :

  1. wah makasih tipsnya gan.. bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  2. Ganti oli memang perlu disaat membeli mobil baru karena oli yang terdapat dalam mesin mobil sudah lama dan apalagi bawaan dari pabrik pembuatan mobil. Jadi pada 1000 kilometer mobil perlu di servis dan diganti olinya.

    BalasHapus
  3. Pastinya gitu di buku panduan saat membeli mobil baru kan sudah jelas mas eddo bahwa diwajibkan kita untuk servis berkala, yang penting di saat service pertama. Sebab oli yang sudah lama mengendon di mobil sebelum mobil itu di distribusikan sudah cukup lama sambil menunggu mobil itu laku. Dan lagi pula namanya mobil baru komponen yang ada di mesin juga perlu penyesuaian dengan komponen lainnya sebab saling bergesekan dengan yang lain. Jadi agar supaya mesin tetap alus dan performa juga semakin baik penggantian oli baru juga sangat penting.

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
083-84-22-78-725
082-13-37-86-056

PIN BB 26BBCE66

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

artikel paling banyak di baca

relasi customer mobil suzuki gratis-servis-mobil-suzuki

eXTReMe Tracker
cari artikel mobil