7 Jan 2013

Cara Mengemudi agar Hemat Bensin dan Solar Bagian I

cara nyetir mobil agar hemat bbm
Beberapa pengendara pasti punya cara dan gaya mengemudi masing-masing. Karena bila mengemudi dengan cara memaksakan mesin mobil, tentunya berpengaruh pada konsumsi bahan bakar bensin maupun solar.
Ada sebuah teknik mengemudi yang benar supaya dapat berguna didalam menghemat bensin atau bbm, dalam berkendara sehari-hari :
  1. Pulse & Glide
    1. Upayakan jika Anda menginjak pedal gas sesedikit mungkin / sejarang mungkin biarkanlah mobil meluncur seadanya jika ingin berjalan santai. Contoh saja sebuah becak hendak mengantar penumpang dalam jarak lumayan jauhnya, untuk menghemat tenaga biasanya si tukang becak menerapkan teknik yaitu 'Gowes/Genjot - lalu biarkan becak meluncur - bila kecepatan berkurang lalu Gowes/Genjot lagi - Meluncur lagi,.... Maka cara teknik kombinasi tersebut cuma mengandalkan teknik 'Gas dan Meluncur' itu dapat diterapkan di kendaraan Anda.
    2. Pada teknik Pulse & Glide gunakan rem secukupnya, agar energy kinetik / momentum saat meluncur tetap terjaga, dengan catatan "Tetap awas & siaga, serta cermati kondisi lalu lintas dengan seksama".
    3. posisi gigi matic mobil pada posisi D
    4. Bagaimana ya jika mobil saya Auto Matic ?? ,pada mobil yang transmisinya otomatik, pada saat meluncur posisikan tuas transmisi tetap di posisi D.
  2. Pindah Gigi Se-Segera Mungkin
    1. Disaat Anda hendak menambah kecepatan pasti perlu mengganti perseneleng Mobil, dan Anda perlu meningkatkan akselerasi atau kecepatan* secepat mungkin dan hindari mesin berputar ke RPM tinggi.
    2. Saat perpindahan gigi bisa dilakukan pada saat Torsi mesin mencapai 70 - 80%, pada kendaraan Diesel MPV / SUV bisa dilakukan perpindahan gigi pada RPM 1500 - 1800, kemudian di mesin Gasoline Normal Aspirated bisa ganti gigi pada RPM 2100 - 2400, dengan catatan "Sesuaikan dengan beban yang diangkut serta kontur jalanan (apakah datar / menanjak)", pindahkan ke gigi lebih tinggi
  3. Antisipasi kondisi dijalan lalu lintas kota
    1. Hal ini sangat terkait dengan teknik Pulse (injak pedal gas) & Glide (meluncur). Maksudnya semisal disaat menghadapi lampu merah / lalu lintas yang padat di depan kita, maka sejak jarak masih jauh kita bisa segera lepas gas dan biarkan mobil meluncur dengan sendirinya.
    2. Memahami kondisi kontur jalanan yang sering anda lewati, seandainya ada jalan yang menurun sebaiknya Anda cukup tekan pedal gas (Pulse) injak sedikit saja atau membiarkan mobil meluncur di jalanan menurun (Gliding).
    3. Bila Anda menghadapi jalanan menanjakan siapkan Anda untuk mengambil ancang-ancang dari jarak jauh dengan meningkatkan kecepatan mobil atau kendaraan, sehingga pada saat menanjak beban mesin menjadi lebih ringan dan enteng.
  4. Menghindari menyalakan mesin berkepanjangan seperti :
    1. Memanaskan mesin terlalu lama.
    2. Menunggu di dalam mobil untuk waktu yang lama dengan kondisi mesin hidup.
mengendarai mobil agar hemat bensin dan solar
Semoga bermanfaat pembahasan saya mengenai " Cara Mengemudi agar Hemat Bensin atau Solar Bagian I ".
Selanjutnya saya akan bahas bagian II di posting berikutnya. Salam

Artikel Terkait:

Posted by: Roy Wijaya Mr
Dealer Mobil Suzuki Semarang, Updated at: 20.56
Comments
2 Comments

2 komentar :

  1. info menarik, sangat membantu pengguna mobil..thank

    BalasHapus
  2. Teknik setir mobil supaya hemat bbm, yang unik ya cuma mengandalkan pulse dan glide.

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
083-84-22-78-725
082-13-37-86-056

PIN BB 26BBCE66

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

artikel paling banyak di baca

relasi customer mobil suzuki gratis-servis-mobil-suzuki

eXTReMe Tracker
cari artikel mobil