4 Jan 2013

Jika Oli Mesin Terlalu Banyak/Terlalu Sedikit

batas isi oli
Isi oli sewajarnya paling dianjurkan berpedoman pada nilai ukuran volume yang terdapat pada buku manual di setiap mobil.

SEMISAL MENGISI OLI MESIN KEBANYAKAN, BAGAIMANA YA?
Jika mesin bekerja tentunya oli naik mengenai "Bandul Crankshaft", oli menimbulkan busa yang berupa gelembung udara. Nantinya dapat menurunkan efektifitas pompa oli disaat memompa oli, disamping itu mesin menjadi berat dan bensin jadi boros.


APA YANG TERJADI JIKA VOLUME OLI TERLALU SEDIKIT / HINGGA DIBAWAH BATAS E ?

Temperatur oli menjadi cepat panas, seperti kita memanaskan 5 Liter air dibandingkan memanaskan 6 Liter air. Tentu lebih cepat mendidih yang 5 liter air.

Oli juga akan mengalami proses kontaminasi lebih cepat akibat Limbah* pembakaran dari mesin, kandungan zat Basa (TBN) pada oli akan menurun lebih cepat, analoginya ibarat kita "menuang limbah" ke 5 L air vs 6 L air, tentulah yg 5 L akan menjadi lebih kotor.

*) Limbah yang dimaksud disini adalah senyawa asam sisa pembakaran, yang disebabkan adanya kandungan senyawa sulfur pada bahan bakar.

Maka jangan mengisi oli pelumas melebihi batas F, bila kurang sedikit dari batas F tidak apa-apa, dan jika level ketinggian oli berada ditengah-tengah antara E dan F sesuai tertera pada dipstik oli, lakukanlah penambahan hingga mendekati batas F.

Dan sebetulnya jika kita mengkhawatirkan akan adanya penyusutan, selama level oli masih berada pada range "E-F" tidak akan membuat mesin rusak, yang penting jika sudah berkurang agak banyak segera ditambah.

Mengecek ketinggian oli pada dipstick secara akurat:
Pada saat mesin masih dingin atau belum dihidupkan atau minimal 10 menit sesudah mesin dimatikan, cabut dipstick, lap bagian zona pembacaan (E-F) dengan lap atau tissue bersih, colok kembali dipstick dan angkat kembali.

Pada mobil-mobil tertentu terkadang lebih mudah membaca ketinggian level oli di sisi belakang area "E-F" dipstick.

Artikel Terkait:

Posted by: Roy Wijaya Mr
Dealer Mobil Suzuki Semarang, Updated at: 23.54
Comments
1 Comments

1 komentar :

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
083-84-22-78-725
082-13-37-86-056

PIN BB 26BBCE66

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

artikel paling banyak di baca

relasi customer mobil suzuki gratis-servis-mobil-suzuki

eXTReMe Tracker
cari artikel suzuki