Masalah tidak jika ganti Ban Baru cuma 2 saja

Ban gundul dan sudah mulai botak pasti dapat membahayakan keselamatan berkendara, itu disebabkan karena faktor usia pemakaian maupun penggunaan saat dijalanan.
Dengan keadaan seperti itu sudah seharusnya ban diganti dengan ban baru demi meningkatkan keselamatan dijalan.

Tapi kita ketahui harga ban memang agak mahal untuk satu ban nya, apalagi jika kita memiliki dana yang terbatas, disamping itu kondisi 2 ban yang lain kebetulan kondisinya masih bagus jadi tidak perlu diganti, jadi kita bisa lebih berhemat.

Dengan keadaan seperti itu bisa kok jika ganti ban 2 saja, tapi yang sedikit membingungkan saat peletakan 2 ban baru tersebut harus di taruh di depan apa dibelakang.

Dengan 2 pilihan peletakan ban baru di depan dan dibelakang bikin jadi pertanyaan.

Setelah dilakukan pembicaraan dengan beberapa toko ban mobil, untuk peletakan 2 ban mobil baru paling ideal dipasang di bagian belakang mobil.

Kenapa Bisa Begitu ?

Bila kita menaruh 2 ban baru di bagian depan mobil dan membiarkan roda belakang dengan ban yang sudah aus / botak, jika saat melewati jalanan basah ban bagian belakang mobil pasti mengalami "Aquaplaning" alias ban sliding karena kurangnya ban menapak sempurna pada aspal. Sehingga ban tidak terkontrol dan mobil bisa terjadi melintir.

Sedangkan jika menempatkan 2 ban baru pada bagian belakang dengan ban depan yang sudah agak aus, saat melewati jalanan basah gejala Aquaplaning pada ban depan bisa kita kontrol dan dapat disetir.

Nah sekarang bagaimana jika mobil yang punya penggerak roda depan (Front Wheel Drive) atau roda belakang (Rear Wheel Drive) apa berlaku juga dengan cara diatas?

Otomania cara diatas bisa kok dilakukan dengan pemasangan 2 ban dibelakang. Bahkan bisa juga cara tersebut diterapkan pada kendaraan berpenggerak model 4x4.

Sebenarnya dari cara diatas, Alangkah sempurnanya jika penggantian ban dilakukan pada ke empat roda ban, demi keselamatan berkendara rekan-rekan semua.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

8 Responses to "Masalah tidak jika ganti Ban Baru cuma 2 saja"

  1. Kemarin sempet bingung mau ganti ban baru mau taruh di depan apa belakang

    BalasHapus
  2. Mantap infonya bos memberikan kemudahan informasi mengenai peletakan ban didepan atau dibelakang

    BalasHapus
  3. Ada juga yg bilang kalau ban yg di depan harus yg bagus, karena berhubungan langsung dengan kemudi dimana mobil slip pada jalan licin lebih dikarenakan ban depan sudah aus/botak. Kayaknya masuk diakal juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa pernah di coba gan..berasa ga perbedaannya masang ban dibagian depan

      Hapus
  4. Kayaknya lebih enak di taruh didepan deh... alasannya buat kenyamanan aja... karna nggak mungkin ketebalan ban di biarin sampai tinggal 20% karna tinggal 40% aja udah keliatan tipis (ulir tinggal sedikit) dan biasanya para penjual ban udah mengingatkan konsumen untuk lebih hati hati. jangan berkecepatan tinggi dengan ban tinggal segitu.. kalau tidak sayang nyawa ya nggak apa apa hehehehe... aquaplaning dengan 40% kayaknya nggak deh.. selain ban anda tinggal 5% dari titik ke ausan.. itu mah bisa terjadi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi ban yang kualitas ulirnya lumayan bagus mending ditaruh di belakang ya. Sudah di coba belum Pak, apakah betul-betul tidak mengalami aqua planing. makasih Pak sudah dikomentari membantu diskusi wawasan saya, membahas peletakan ban yang tepat antara roda depan dan roda belakang

      Hapus
  5. Mas apa benar sih ke empat ban itu harus di gant atau dirotasi secara berkala 3 bulan sekali spy merata?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh maksudnya di rotasi kedua ban belakang di pindah ke depan ya. Bisa juga Pak Arifie tapi tidak harus tiga bulan untuk dirotasi sebab beberapa mobil punya jam terbang berbeda beda dan juga medan yang dilalui di setiap harinya. Salam

      Hapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang