5 Mar 2013

4 Faktor Penyebab Rusaknya Cat Mobil

Info Umum - Belakangan ini hujan dan panas matahari silih berganti kian tak menentu membuat Cat Mobil Anda menjadi rusak. Wajib hukumnya bagi pemilik mobil harus memberikan perhatian ekstra untuk melindungi dan merawat cat mobil Anda. Jika itu dibiarkan, jangan harap cat mobil menjadi awet bahkan nantinya timbul noda yang sukar dihilangkan.

Dari para pakar salon mobil kebanyakan mengatakan, efek dari sinar matahari akan mengakibatkan cat mobil menjadi rusak ditambah lagi permukaan cat meninggalkan sisa kotoran itu akan memperparah keadaan.

Saya pernah punya rekan kerja yang punya mobil tapi tidak punya garasi, akhirnya terpaksa diparkir diluar yang teduh seperti dibawah pohon atau seadanya diluar rumah. Akhirnya cat mobil berangsur-angsur kusam dan tak berkilauan lagi. Akhirnya saya coba menanyakan pakar kenteng magic dan bengkel cat mobil di Semarang, faktor apa saja yang menyebabkan cat mobil menjadi rusak, kusam, dan tidak mengkilat lagi :

cover selimut mobil
  • Cover atau Selimut mobil
    • Memang sih beberapa orang melindungi mobilnya dengan cover atau selimut mobil agar supaya cat mobil tidak menjadi rusak. Tapi bila sedang hujan sebaiknya selimut mobil dilepas, karena apabila terpasang kemudian kita biarkan diselimuti dengan kondisi basah lalu dijemur diterik panas matahari akan menimbulkan bercak jamur dipermukaan bodi mobil, itu akan sulit dihilangkan tentunya. Beberapa selimut mobil yang kualitasnya jelek akan menyebabkan kerusakan pada cat mobil bila kita tidak hati-hati. Pilihlah selimut mobil yang bagus kualitasnya dan tahan air pula.
Cat Mobil yang berkarat air garamasamasin
  • Air Asam, Garam atau Asin
    • Mempunyai rumah yang dekat dengan kawasan pelabuhan atau dekat laut harus waspada, sebab air laut yang berkadar garam tinggi dapat merusak lapisan cat dan pelat mobil. Ga lucu kan bila mobil kita sayangi jadi berkarat. Baiknya kita rutin dan sering mencuci mobil supaya bodi mobil lebih terjaga.
    • Air hujan yang mengandung asam, biasanya hujan pertama setelah panas beberapa hari, juga sangat berbahaya karena mengandung zat asam yang merusak.
bercak kotoran burung menempel bodi mobil
  • Kotoran burung
    • Bahaya bila lapisan cat mobil kita terkena kotoran burung, sebab zat asam yang dimiliki kotoran burung lama kelamaan berefek pada cat mobil akan menjadi menipis dan pudar. Segera siram dengan air dan usap dengan lap jangan sampai menunggu mengering. Celaka lagi bila hingga didiamkan berhari-hari, apalagi ditambah terkena sinar matahari, sangat sulit dibersihkan dan meninggalkan bekas di cat bodi mobil Anda.
getah pohon merusak cat mobil
  • Getah pohon
    • Satu lagi yang dapat merusak cat mobil, getah dari pohon yang jatuh di bodi mobil saat parkir di bawah pohon. Getah pohon yang kental dan lengket dapat membahayakan cat mobil. Seandainya getah pohon masih basah, bisa langsung dibersihkan dengan air. Namun bila sudah lama dan sedikit keras, bawa langsung ke salon mobil untuk dibersihkan dengan obat-obatan khusus agar noda getah pohon bisa menghilang.

Demikian 4 Faktor Penyebab Rusaknya Cat Mobil.

Salam
Otolovers Semarang

Artikel Terkait:

Posted by: Roy Wijaya Mr
Dealer Mobil Suzuki Semarang, Updated at: 00.01
Comments
4 Comments

4 komentar :

  1. Info keren yg wajib di share, gan..

    BalasHapus
  2. Saya paling khawatir yaitu getah pohon sebab, getah pohon mempunyai unsur kimia berbahaya yang dapat merusak cat mobil

    BalasHapus
  3. Cat mobil kena tahi burung sebaiknya diilangi pakai apa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya ada cairan khusus menghilangkan noda dari kotoran burung.

      Hapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
083-84-22-78-725
082-13-37-86-056

PIN BB 26BBCE66

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

artikel paling banyak di baca

gratis-servis-mobil-suzuki

eXTReMe Tracker