Bis Buatan Jerman paling Terpanjang di Dunia

bis terpanjang di dunia
Berita Umum Otomotif - Pada tahun yang lalu Jerman membuat angkutan massal berupa bis yang sanggup membawa penumpang sekitar 255 penumpang. Seandainya jika kita ukur bis secara normal, berarti ada 3 bis yang digabungkan dengan panjang keseluruhan 30 meter. Bus tersebut diberi nama AutoTram Extra Grand (ATEG) yang diproduksi oleh konsorsium perusahaan riset yang tergabung dalam Fraunhofer IVI, yang sebentar lagi uji coba rencana di tahun 2013 ini mengelilingi kota Dresden.

Bus ATEG memiliki tiga badan yang menyambung dengan pengait engsel (mirip sistem pada kereta api) lalu dibalut oleh lapisan karet supaya bis dapat belok dengan mudah. Disamping itu bodi bis ATEG yang panjang itu harus lebih fleksibel layaknya bis normal atau biasa berpenumpang 40 orang termasuk saat mundur.

Untuk menggerakannya, digunakan motor listrik. Untuk efisiensi, saat direm, energi panas yang timbul diubah menjadi listrik.

Tapi tidak hanya di Jerman yang mampu membuat bis terpanjang, di negara maju seperti China juga dapat menampung penumpang hingga 300 orang. Tapi bus produksi Youngman panjangnya hanya 25 meter saja.

Di beberapa kota besar dan negara maju, alat transportasi berupa bus/bis dan kereta listrik menjadi primadona kaum urban. Dengan berbagai fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan, penduduk kota besar pasti lebih memilih naik angkutan umum ketimbang mobil pribadi. Meski bus punya jalur sendiri, tapi juga harus tidak menggangu jalan utama apalagi menimbulkan kemacetan.

Kapan ya negara republik Indonesia dapat membuat transportasi masal berupa bis terpanjang seperti ini ya?

Semoga bermanfaat
Salam

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

1 Response to "Bis Buatan Jerman paling Terpanjang di Dunia"

  1. Bis terpanjang didunia lebih efektif dari pada bis gandeng yg sudah ada

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

close
call center suzuki