Cara Memeriksa Kondisi Fisik Mobil Bekas

pusatsuzuki.com - Apabila keputusan akhir pilihan Anda tertuju pada mobil bekas? Banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan disamping keuangan, harga pasaran, merek mobil, kondisi mesin, kondisi bodi merupakan hal penting yang perlu dipertimbangkan sebab jangan sampai kita mendapat mobil bekas dari tabrakan yang habis diperbaiki.

Bapak Bagus yang mempunyai showroom mobil bekas di jalan Dr.Cipto, Semarang dan Bapak Toni selaku pemilik bengkel reparasi bodi jalan Ligu, Semarang memberikan masukan mengenai saran dan tips memeriksa kondisi fisik mobil bekas dari tabrakan :
  1. Langkah awal kita telusuri pada bagian ruang mesin, kap mesin kita buka dan amati pada palang besi bagian depannya, tepatnya tempat dudukan radiator (upron). Apabila mobil pernah tabrakan dari depan palang besi biasanya sudah tidak lurus lagi atau ada bekas las ataupun dempul di semua permukaan, khususnya ujung dekat sepakbor (fender). Bila terjadi kecacatan, diyakini pernah tabrakan yang lumayan kencang. Jangan lupa koreksi dibagian belakang, bagasi atau bagian pintu belakang untuk mengetahui keadaannya.
  2. Amati pada kaca depan mobil, pernah diganti atau belum. Sebab bila terjadi kecelakaan seperti tabrakan yang lumayan hebat seringkali kaca depan sering pecah. Sebenarnya mudah bila kita ingin mengetahuinya, bisa dilihat pada bagian bawah di sisi kiri atau kanan. Kaca yang asli masih ada cap logo dari produsen pembuat mobil.
  3. Bila mobil tertabrak dari samping biasanya pilar B mulai dari atas hingga bawah terjadi kerusakan. Cek pada bukaan pintu samping mobil kemudian amati jika terdapat bekas dempulan atau las. Cara tadi jika kita ingin memeriksa apakah mobil bekas tersebut pernah mengalami tabrakan dari samping.
  4. Langkah keempat periksa bagian pada bodi samping mobil bila pernah diperbaiki biasanya lekukan garis (nat)tidak lurus. Caranya lihat pada sambungan antar pintu samping dan sepakbor di depan dan juga belakang. Bila garis nya tidak sejajar, artinya salah satu bagian tersebut ada yang pernah diganti atau dicat ulang dengan hasil dempulan yang kurang bagus.
  5. Cara Memeriksa Kondisi Fisik Mobil Bekas pada tiap rongga bagian bemper lampu dan grill. Pernah Anda amati pada mobil baru kalau dilihat jarak celah atau rongga antar bagian pada mobil baru biasanya sama, seperti bemper dengan lampu atau bemper dengan gril. Bila celah tidak sama tandanya ada panel yang pernah diganti atau tidak sesuai standart bawaan pabrik.
  6. Setelah semua sudah dicek dengan benar, yang terakhir bagian cat mobil. Bila di amati dari kejahuan dan dalam kondisi terang di siang hari, jika terdapat belang-belang berarti proses pengecatan yang kurang baik atau berkesan asal-asalan.
Demikian artikel singkat dalam membantu kita dalam Cara Memeriksa Kondisi Fisik Mobil Bekas, semoga bermanfaat.

Salam Hormat
Suzuki Semarang

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis: