Fungsi Trip Meter atau MID pada Spedometer Mobil

Info Umum - Trip Meter atau MID (Multi Information Display) adalah suatu fungsi indikator untuk mengetahui informasi tambahan bagi pengemudi supaya dapat mengetahui penggunaan konsumsi bahan bakar beserta informasi jarak antar titik daerah tujuan satu dengan titik jarak daerah tujuan lainnya.
Pada umumnya MID (Multi Information Display) letaknya bersamaan dengan Spedometer, Fuel Meter, Tachometer Temperatur Mesin, Odometer, dan lain-lain. Dan posisi MID (Multi Information Display) letaknya berbeda-beda ada yg diatas ada yang dibawah bervariasi, tapi disetiap merek mobil model tertentu sebenarnya mempunyai fungsi yang sama.

Sebelum Roy membahas mengenai MID, Roy akan menjelaskan bagian-bagian pada indikator pada mobil. Roy ambil contoh indikator pada mobil Ertiga :
spedometer indikator ertiga
1 : Fuel Meter
2 : Speedo meter
3 : Temperatur meter
4 : Fuel Meter
5 : Tacho meter
6 : Odometer
a : Oil engine warning
b : Batteray Indicator
c : Seatbelt
d : Fuel warning indicator
e : Malfunction Indicator Lamp engine
f : Parking Brake Indicator
g : Jam

Kemudian pembahasan saya lanjutkan pada masalah MID (Multi Information Display) :

Range
Adalah fungsi indikator untuk mengetahui jumlah sisa kapasitas bensin yang ada di tangki, dapat menempuh jarak berapa kilometer/Km. Contoh : gambar diatas menunjukan bahwa jarum yang disebelah kanan menunjukan posisi meteran bensin dapat dipakai untuk menempuh perjalanan sejauh 150Km (itu tergantung dari gaya mengemudi Anda, sewaktu-waktu dapat berkurang jarak tempuhnya).
Keterangan : Range aktif apabila mobil Anda dalam kondisi jalan, jika mobil Anda berhenti tidak dapat aktif fungsi dari Range tersebut.

AVG (Average)
Adalah fungsi indikator untuk mengetahui rata-rata bensin yang kita gunakan saat mengendarai mobil. Diukur dari gaya mengemudi Anda juga dan sewaktu-waktu dapat berubah.
AVG rata rata bensin
Trip A dan Trip B
Adalah digunakan saat Anda ingin mengukur jarak antara posisi jarak antara kota A dan jarak kota B.
Roy ambil contoh begini semisal ingin menuju kota didaerah jawa tengah, saya ambil rutenya Semarang-Salatiga. Posisi Trip meter kita kondisikan 0 Km kemudian kita lajukan mobil menuju Salatiga dari Semarang dengan jarak 58Km. Kemudian kita tekan lagi tombol ke Trip B dan kita kembali lagi dari Salatiga ke Semarang dengan rute jalan yang berbeda dengan hasil yang berbeda yaitu 50Km. Jadi fungsi dari Trip A dan Trip B bisa digunakan mengukur selisih perbedaan jarak.
trip a
TRIP A
trip b.psd
TRIP B
Driving Style Meter
Nah yang ini untuk mengukur gaya mengemudi atau cara mengemudi Anda. Maksudnya bila kita sering mengemudikan mobil dengan sering memainkan gas maka meter Km/liter nya akan turun, yah ini sebagai pengingat bahwa Anda harus menjaga kestabilan gas (kecepatan konstan). Untuk mempermudah pengertian yang saya maksud, bisa di lihat pada gambar di bawah ini :
kecepatan konstan
Kecepatan Konstan
kecepatan tidak konstan
Kecepatan tidak Konstan
Salam
Suzuki Semarang

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

4 Responses to "Fungsi Trip Meter atau MID pada Spedometer Mobil"

  1. Mas apa semua mobil pake MID?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Multi Information Display hanya ada di varian mobil suzuki tipe tertentu pak arifie seperti ertiga, SX4, swift, dan grand vitara

      Hapus
  2. Bagaimana cara mensetting drive style meter

    BalasHapus
  3. Maaf Pak Mamik saya baru membalas pesan Bapak disebabkan Roy akhir-akhir ini lebih sering incass di lapangan.

    Untuk mensetting Drive Style tidak bisa Bapak setting dengan menekan tombol atau mensetting rpm dan laju kendaraan Bapak. Ini hanya berfungsi sebagai monitoring dan pengingat agar supaya Bapak bisa mengetahui gaya mengemudi Bapak. Dengan pengingat tersebut, dengan sendirinya kita akan sadar akan memposisikan diri mengendalikan Mobil Anda.

    Terima Kasih atas kunjungannya dan kesediaan Bapak Mamik menanyakan mengenai driving style

    Salam

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang