Nasib Ban Serep Mobil yang tidak diperhatikan

merawat ban serepBan Serep yang letaknya tidak pernah terlihat oleh pandangan kita, sering kali tidak pernah mendapat perhatian apalagi menyentuhnya. Akhirnya pada saat kita butuh, ban serep bisa saja gembos dan kondisinya buruk. Kontan kita tepuk jidat melihat keadaan ban serep yang awalnya dapat membantu kita malah jadi merepotkan.
Luangkanlah waktu kita untuk memeriksa kondisi ban serep secara teratur. Pernah saya diberi tahu oleh salah satu toko variasi/bengkel mobil Arvia di jalan MT Haryono atau Mataram Semarang, sering kali terjadi, saat ban cadangan sedang dibutuhkan justru tidak bisa dipakai. "Disebabkan, pengguna mobil membiarkan ban cadangan. padahal, perawatannya sederhana," jelasnya. Alhasil beli ban serep atau cadangan baru.
Beberapa cara merawat ban serep mobil kita :
  • Cek kode produksi atau tahun pembuatan.
    • Tidak hanya makanan punya masa berlaku untuk dikonsumsi, ban mobil juga punya masa kadaluarsa Ban. Melalui kode yang tertera pada pinggiran ban kita bisa tau kapan tahun pembuatan ban tersebut. Kode produksi ditulis empat digit, pada dua digit kedua yaitu tahun produksi, dua digit pertama yaitu minggunya. Roy ambil contoh terdapat kode 3011, itu artinya ban diproduksi minggu ke-30 pada 2011. Bika umur/usianya sudah lebih dari tiga tahun, sebaiknya ban serep diganti.
  • Kontrol ban serep kita.
    • Rutinlah untuk mengontrol atau memeriksa keadaan ban serep kita, lagipula jarang kita menyentuh ban serep yang letaknya dibawah atau di kolong. Amati seandainya terjadi kebocoran, retak pada dinding.
  • Periksa tekanan angin ban.
    • Setidaknya satu bulan sekali. Sebab kountur ban yang terbuat dari karet memiliki rongga pori-pori, yang lama kelamaan tekanan angin jadi berkurang. Ada kondisi dimana suhu atau temperatur jadi berubah-ubah menjadikan ban yang dipakai mudah kempes. Coba tambahkan tekanan angin sedikit, menjadi 3 psi dibandingkan dengan ban yang dipakai.
  • Jaga kebersihan ban mobil dan kasih pelembab.
    • Tidak hanya wajah saja diberi pelembab supaya cerah dan lentur, jangan salah ban mobil juga perlu pelembab. Itu yang harus diberi perhatian ban cadangan/ban serep kita, wajib hukumnya menggunakan pelembab, yaitu pakai semir. Gunanya supaya tahu kondisinya. Manfaat lain, juga memberikan kelenturan pada ban mobil.
  • Tukar ban serep secara bergantian.
    • Sesekali, tukar ban serep dengan ban yang dipakai. Lakukan secara rutin dengan periode yang diatur sendiri. Jangan lupa, balancing sehingga tidak menyebabkan setir bergetar ketika digunakan 

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

5 Responses to "Nasib Ban Serep Mobil yang tidak diperhatikan"

  1. Mas mau tanya kenapa kalau ban serep pada mobil baru seperti Ertiga yang saya miliki ban serepnya ga pakai pelek racing. Bisa. Dijelaskan mas... Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Mas, ban serep ertiga saya juga tidak pakai pelek racing kenapa ya mas

      Hapus
    2. Baik Bapak Adhi dan Pak Sidharta terima kasih atas pertanyaan yang Bapak ajukan kepada Kami, Saya akan menjawabnya. Mengenai ban serep Ertiga mengapa peleknya pakai pelek kaleng agar supaya kita jadi ingat apabila ban yang bocor untuk segera diperbaiki

      Hapus
  2. Seharusnya ban serep pilih yg paling baru ya, bukan yg plg jelek

    BalasHapus
  3. Pelek cadangan dan pelek racing standarnya baru semua kok pak tidak ada dan tidak pernah memberikan seperti itu ban bekas atau sejenisnya. Namanya juga mobil baru jadi semua komponen dan kelengkapannya tentunya baru semua. Bapak bisa melihat dan mampir ke dealer Kami ya pak sambil Bapak bisa lihat-lihat produk kami siapa tau ada rencana ambil mobil baru

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang