Bersihkan Motor Anda, sebelum Karat beraksi

Tips Umum - Musim kemarau dan musim penghujan sudah menjadi hal yang biasa kita alami di tiap tahunnya dan ini perlu kita syukuri atas pemberian dari tuhan atas karunia yang Ia berikan.
Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari terkadang beberapa orang sempat mengeluh apabila kendaraan yang baru saja kita cuci dan bersihkan, tiba-tiba hujan lalu terlihat kotor membuat kita sakit hati (semoga tidak demikian). Dengan adanya keadaan seperti itu seringkali kita dibikin jadi pusing bagi pengguna sepeda motor. Jangan sedih Guy's, bila memang kotor sudah seharusnya kita mencuci supaya motor kita enak dilihat, dan " ga mati gaya " (kata anak gaul bilang).

Kenapa kebersihan motor harus kita jaga? Sebab kata Agung, Service Advisor dari toko variasi motor Hyperspeed di jalan Majapahit Semarang, jangan sampai kita biarkan kotoran yang menempel pada motor kita mengendap berhari-hari bahkan bulanan.
Seperti kita ketahui kandungan air hujan memiliki zat azam berbahaya, dan apabila kita acuh lama-kelamaan akan timbul karat pada motor kita," ujarnya.

Maka jagalah selalu kebersihan motor kita dengan memperhatikan dan membersihkan bagian-bagian sering di hinggapi oleh karat antara lain :

piston rem kotor
Piston Cakram Rem dan Kanvas Rem
Pasti ada sering mengalami jika rem motor terkena air Kanvas rem menjadi kurang optimal dan mengganggu pengereman motor Anda. Karena kanvas rem terbuat dari asbes, ini menjadikan kanvas rem jadi mengeras bila kanvas mengering, akibat dari terkena air. Mengatasinya setelah dicuci, rem diinjak sesering mungkin agar kanvas benar-benar kering.
Kemudian amati roda depan pada bagian piston dan kanvas bila ada kotoran yang menempel pada cakram bisa mengurangi kinerja pada piston dan kanvas rem. Lalu amati bagian roda belakang, jika beberapa motor yang masih menggunakan rem teromol, pada komponen kampas dan teromol juga perlu dibersihkan, jangan lupa tuasnya yang menggerakkan sepatu rem-nya ya...

leher knalpot berkarat
Leher Knalpot
Nah kalau ini kebanyakan pemilik sepeda motor dileher knalpotnya pasti mengalami perubahan warna seperti sedikit agak krem kecoklatan, sebab terdapat banyak kerak bahkan ada yang sudah berkarat pada leher knalpotnya. Penyebabnya jarang dicuci hingga bersih. Prinsip dari knalpot panas, lalu jika kotoran dan air hujan menempel pada leher knalpot mengering menyebabkan karat dan keropos. Alamak...!!!

Ban
Siapkan sikat yang halus mulai bersihkan kotoran yang melekat pada ban Anda, bila kotoran yang bercampur air hujan mengering dan dibiarkan saja lama kelamaan dinding ban cepat getas.

bersihkan standar tengah samping motor
Standar Samping dan Tengah
Standar tengah dan standar samping merupakan komponen yang mudah kena karat bila dibiarkan kotor.
Membersihkannya dan melindungi bagian standar cukup mudah yaitu semprot dengan air, sikat dengan kuas atau sikat gigi bekas hingga bersih, lalu lindungi dengan cairan obat anti karat WD-40 dengan cara disemprot bagian standar yang diyakini mudah berkarat. Periksa juga pergerakan standar apakah sulit digerakan, jika iya.... ini kemungkinan bagian as yang kotor dan bisa jadi berkarat.

Rantai
Rantai sepeda motor seharusnya, rutin diberi pelumas (chain lube). Jauhkan pula dari kotoran yang melengkat, biasanya pada musim hujan, pelumas rantai berkurang. Bahkan pasir halus yang menempel pada rantai dan sproket bisa menyebabkan komponen tersebut cepat aus.
Karena itu, setelah dicuci dengan cairan khusus (chain cleaner). Jangan membersihkan rantai dengan bensin karena bisa menyebabkan karet pada sproket jadi getas.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

0 Response to "Bersihkan Motor Anda, sebelum Karat beraksi"

Posting Komentar

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang