Perawatan Khusus Mobil Matik

Info Umum - Siapa sangka mobil matik kini sudah semakin familiar di Indonesia baik di perkotaan maupun di daerah kota kecil. Memang mengendarai mobil matik sungguh mengenakan, kita hanya di tuntut untuk menginjak pedal gas dan rem saja lalu mobil sudah bisa melaju.
Namun bila kita kurang memberikan perhatian dalam bentuk perawatan rutin, sangat memungkinkan transmisi automatic ini dapat rusak. Kalau sudah rusak biaya yang harus dikeluarkan memang tergolong lebih mahal dibanding mobil dengan transmisi manual. Jangan khawatir Otolovers, Anda semua masih bisa mencegahnya.
cara menjaga mobil matic
Mas Agus, yaitu selaku mekanik senior Service Mobil Suzuki di Semarang menjelaskan bahwa ada beberapa tips dan saran dalam pencegahan kerusakan pada mobil ber-transmisi matik :

1. Perawatan/Maintanance
Kita harus rutin didalam memberikan perawatan dalam penggantian oli transmisi, yang mana wajib dilakukan setiap 1 atau 2 tahun sekali. Sebab dalam waktu minimal 1 tahun atau 2 tahun biasanya oli transmisi akan menguap sehingga kadar air yang ada di dalam oli tersebut akan menjadi lembab. Bila ini dibiarkan akan berakibat plat kolpingnya cepat mengelupas atau rapuh.

2. Penting ini dilakukan apabila kita ingin mobil maju & mundur, usahakan mobil dalam posisi diam terlebih dulu.
Seandainya mobil ingin mundur ataupun maju, posisikan perseneleng transmisi pada posisi N atau mobil dalam keadaan diam terlebih dulu.
"Yakinkan bahwa mobil itu bener - berhenti, baru kita masukan tongkat transmisi ke posisi D atau R untuk maju ataupun mundur," ujar Agus seusai jam kerja yang kami tanyai di lapangan parkir kawasan dealer Suzuki di jalan djendral soedirman Semarang.
Lalu kami bertanya pada Mas Agus, bagaimana jadinya bila mobil yang masih agak jalan lalu kita pindah persenelengnya?
Bila pengendara sering memajukan atau memundurkan mobilnya sebelum mobil itu benar-benar terdiam atau berhenti, itu akan memperpendek usia transmisi yang nantinya akan cepat merusak part pada transmisi matiknya.
"Jangan sampai sudah 10 tahun baru kita ganti, jika sering melakukan hal itu bisa lebih pendek atau pas 5 tahun harus sudah diganti dan biayanya juga sangat mahal".

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

2 Responses to "Perawatan Khusus Mobil Matik"

  1. Kenapa harga mobil matik bekas jatuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tau masalah harga mobil bekas maticnya karena yang mengatur pasaran harga mobil second biasanya dari pedagang mobil itupun penilaiannya saya kurang paham. Tapi sekarang harga mobil matic second sudah bagus tidak seperti dahulu...

      Hapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang