Hati-hati V-Belt Motor Matic bisa Putus Tiba-tiba

Info Umum - Siapa yang tidak suka dengan motor matic disamping lincah, mudah dikendarai, dan murah harganya. Populasi Motor Matic pun sudah banyak beredar mulai dipakai dari Bapak, Ibu, dan para remaja dalam keseharian-nya membantu perjalanan dalam segala aktifitas, apalagi menembus kemacetan dipadatnya kota tidak menjadi halangan bagi motor matic ini.
periksa v belt motor matic
Tapi sayang,... bagi orang-orang masih kurang paham dengan perawatan sistem kerja motor matic ini. Menurut Eko di sebuah bengkel resmi Suzuki Salatiga, prinsip kerja dari motor matic ini yaitu V-belt di skutik yang menghubungkan dua pulley usianya hanya untuk perjalanan 20.000 km saja. Seandainya ukuran odometer Kita sudah menunjukkan angka tersebut, hati-hati supaya segera bawa di Bengkel Suzuki terdekat. Ciri-ciri V-Belt sudah tidak layak, ditandai dengan suara bunyi-bunyian bila ini dibiarkan kemungkinan mendadak bisa putus mendadak pada kondisi tertentu.

Pengakuan Eko, mekanik bengkel resmi Suzuki daerah kota Salatiga, ada beberapa ciri untuk menandakan V-belt sudah waktunya diganti. Sebenarnya cukup mudah cuma buka saja casing transmisinya yang ada disamping dekat ban kita bisa memeriksa kondisi pada V Belt tersebut. Jangan sampai kejadian belt putus di jalan atau bisa juga selip, digas tapi enggak jalan.
Berikut penanda jika V-belt mau putus:
  1. Amati cekungan dari huruf V pada bagian belt yang bergerigi. Jika Kita tekan (dari atas atau bawah), bila ada retakan, itu tandanya harus diganti.
  2. Jika dilihat dari samping, sudut bagian yang bergerigi lebih tajam (seperti rantai aus). Ini akibat gesekan dangan pulley. Kalau gejalanya seperti ini, biasanya ada sedikit suara berisik timbul dari rumah CVT.
  3. Untuk menjaga agar V-belt tak cepat aus, Eko menganjurkan supaya tidak menggunakan ban di luar dari bawaan ukuran ban standar Pabrik. Contohnya, ban yang mempunyai tapak lebar dan berat. Tentunya roda perlu tenaga lebih kuat untuk menarik pulley. Ini yang sering membuatnya cepat aus.
"Semua bergantung rute. Kalau setiap harinya jarak yang ditempuh panjang, biasanya V-belt cepat aus karena jeda antara dipakai dan istirahatnya lebih banyak dipakainya. Saran saya, periksa setiap dua bulan.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

3 Responses to "Hati-hati V-Belt Motor Matic bisa Putus Tiba-tiba"

  1. hati-hati punya motor matic kalau kita tidak selalu memperhatikan kondisi pada v belt bisa jadi putus tiba-tiba

    BalasHapus
  2. Apa betul ukuran v belt sama dengan tali kipas yang ada di radiator pada mobil, betul tidak. Mas tau ga ukurannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya bisa tapi kita harus menyesuaikan ukurannya dan panjangnya

      Hapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

close
call center suzuki