Menjaga Mesin Turbo agar selalu Prima

Semakin populernya mobil-mobil yang dilengkapi Turbocharger di Indonesia baik mesin Bensin maupun Diesel, tidak ada salahnya jika kita sebagai pemilik memperhatikan hal-hal kecil yang berguna bagi keawetan Turbocharger mobil kita sendiri.

Mobil-mobil bensin dengan Turbocharger sudah banyak beredar saat ini. Sedangkan pada mesin Diesel dengan Turbo adalah semua mobil Diesel Common Rail dan mesin-mesin Diesel yang memenuhi syarat emisi Euro 2 ke atas.
Hal yang perlu diperhatikan dalam mengemudi :
  • Menjelang tiba di tempat tujuan :
    • Mengemudilah secara santai sekitar 3 - 5 menit menjelang tiba di tempat tujuan. Apabila sehabis lari kencang di Tol / menarik beban / menanjak gunung, maka mengemudilah secara santai sekitar 5 - 10 menit menjelang tiba di tempat tujuan. Hal ini ditujukan untuk proses Cooling Down Turbocharger dan oli mesin yang lebih optimal, karena pendinginan sembari berjalan terbantu oleh aliran angin.
  • Pada saat mesin baru dihidupkan :
    • Dimulai dengan mengemudi secara santai selama 2 - 3 menit dan jangan langsung digeber.
  • Bahan bakar yang disarankan untuk mesin Bensin ber-Turbo : Bensin Non Subsidi Oktan 95.
  • Jenis Pelumas yang direkomendasikan :
    • Mesin Bensin ber-Turbo
      • Gunakan pelumas Full Sintetik dengan spesifikasi sesuai yang dianjurkan pada buku manual
    • Mesin Diesel Turbocharged :
      • Dapat menggunakan pelumas Diesel yang tertulis "Suitable for Turbocharged", tetapi untuk hasil yang lebih baik kami menyarankan minimal pelumas Semi Sintetis SAE 10W40 atau 15W40 khusus Diesel atau lebih baik lagi Full Sintetik khusus Diesel atau setidaknya yang memenuhi persyaratan LongLife seperti MB 229.3 / MB 229.5 / GM LL-025-B.
Setiap mengganti pelumas mesin gantilah juga filter oli mesin. Dengan menggunakan pelumas kemampuan tinggi akan membantu mencegah terjadinya resiko "coking" atau kerak karbon pada jalur oli akibat oli hangus "terpanggang" di daerah poros Turbo yang panas.

Hal-hal di atas tersebut terlepas anda menggunakan Turbo Timer atau tidak, dan walaupun mobil dilengkapi Turbo timer, proses cooling down dengan mengemudi santai menjelang tiba di tujuan adalah sangat kami sarankan.

PENTING : Jangan pernah menggeber-geber gas pada saat sebelum mematikan mesin dan saat baru menghidupkan mesin !

Selamat mencoba !

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

0 Response to "Menjaga Mesin Turbo agar selalu Prima"

Posting Komentar

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

close
call center suzuki