Mobil di Amerika kini pakai Black Box

kotak hitam black box
Black Box adalah kotak hitam yang sangat penting dalam mencatat dan merekam aktifitas kejadian selama di perjalanan. Awal mula digunakan black box diaplikasikan pada pesawat terbang. Jika seandainya pesawat jatuh, orientasi regu penyelamat setelah menolong para korban dan mengamankan lokasi kejadian adalah mencari sebuah black box (kotak hitam).

Black Box atau sering di sebut-sebut kotak hitam merupakan alat yang bertugas sebagai penyimpanan data yang merekam aktifitas penerbangan, fungsinya untuk kepentingan investigasi jika kecelakaan pesawat terbang terjadi. Data yang terdapat di dalamnya bisa menentukan fakta.

Dengan adanya black box, di Departemen National Highway Traffic Safety Administration negara Amerika berkeinginan untuk menerapkannya pada mobil yang beredar saat ini. Rencananya dimulai pada tahun 2015.
Sebelum Amerika berkeinginan ingin meletakan kotak hitam atau black box di setiap mobil, beberapa merek mobil sudah dulu menggunakan Black Box. Jadi sudah tidak menjadi hal yang baru lagi apabila melihat Black Box atau Kotak Hitam diletakan dalam dasbor mobil.
Namun penggunaannya dikatakan atas dasar pengumpulan data oleh masing-masing pabrikan, bukan karena peraturan pemerintah.

Rencananya semua model baru yang akan rilis tahun 2015, harus mengikuti regulasi ini. Bagaimanapun juga, akan ada banyak pertanyaan yang muncul seputar kebijakan tersebut, diantaranya adalah bagaimana pabrikan memberi tahu hal ini pada konsumen baru, berapa lama data akan disimpan dalam alat rekam, dan siapa yang berhak akan data tersebut.

Belum ada kepastian untuk menjawab tiga pertanyaan tersebut, dan kebijakan ini juga telah mendapatkan banyak resistensi. Tampaknya bentuk privasi memang dalam proses adaptasi jaman. Dalam era media sosial seperti sekarang ini, bentuk sebuah privasi sedang berkembang, dan mungkin saja alat perekam macam black box tidaklah terlalu mengkhawatirkan seperti yang diduga.

Ini sangat diperlukan sekali dalam hal safety dan keamanan, disamping itu alat perekam ini sangat berguna sekali bagi pemilik sebagai alat yang dapat menilai kondisi mesin mobil, dalam masa depan alat seperti ini dapat digunakan alat komunikasi antar kendaraan. 

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

2 Responses to "Mobil di Amerika kini pakai Black Box"

  1. Wah perlu ya black box utk mobil terutama angkutan umum

    BalasHapus
  2. Ada ada saja masa dikasih kelengkapan black box, jadi ada rekaman setiap kejadian di jalan raya

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

close
call center suzuki