Pengaruh Ban yang bikin Mobil jadi Boros

ban bikin bensin jadi boros
Suzuki Semarang - Bensin adalah sumber tenaga bagi mobil kita, dan ban mobil adalah media penggerak yang dihasilkan dari pembakaran antara bensin, udara dan busi.

Tiap orang sering mempertanyakan mengenai konsumsi dari bahan bakar pada mobil kita, apalagi mobil yang sudah lama dan berumur performanya menjadi menurun dan jadi agak boros. Usaha demi usaha sudah kita lakukan, Tidak hanya mesin saja yang kita rawat secara rutin. Sebenarnya tidak mesin saja, penyebab Ban merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pemakaian bahan bakar boros.

Semisal, energi dari mesin terbuang untuk melawan hambatan gelinding (rolling resistance) pada saat digunakan. Seperti pernah diungkapkan pemilik toko ban di bilangan kota Kudus, menjelaskan hambatan gelinding ban besar karena beberapa faktor.
  1. Dari tiap penggantian ban di toko ban tersebut, kondisi ban yang telah abis pakai atau sudah terpasang cukup lama pada mobil pasti mengalami perubahan bentuk. Pernyataan dari pemilik toko ban meyakini 90% hambatan terbesar ban saat mengelinding adalah akibat perubahan bentuk. Ini disebabkan kontur jalan yang beragam dan ban selalu melintasi permukaan jalan yang harus dihadapi. Hambatan tersebut menimbulkan gesekan dan panas, sekaligus menambah hambatan gelinding.
  2. Ban yang kurang angin pasti juga menjadi hambatan bagi ban disaat berputar karena posisi ban terlalu menempel ke jalan jadi lebih berat. Hambatan gelinding juga bertambah. Panas yang ditimbulkan permukaan juga menyebabkan bentuk berubah. Untuk mencegah hal ini, tekanan angin ban harus disesuai dengan rekomendasi pabrik mobil.
  3. Mobil yang punya telapak lebar memang bagus dan kesannya gagah, tapi jangan salah makin lebarnya telapak ban jadi semakin banyak gesekan. Ini pengaruh dari akibat ban mobil kita yang terlalu lebar. Menyebabkan konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Memang dianjurkan bila mobil yang mempunyai tenaga yang besar dan punya kecepatan yang tinggi sangat perlu menggunakan ban yang bertelapak lebar karena untuk stabilitas kendaraan tersebut. Pemilihan ban harus sesuai dengan sasaran yang diinginkan dan wajib mengikuti rekomendasi dari pabrik.

Baca Juga : Harga Suzuki Semarang

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

5 Responses to "Pengaruh Ban yang bikin Mobil jadi Boros"

  1. Penyebab lain tidak hanya mesin yang bikin mobil jadi boros, lebih baik pakai ban standar saja.

    BalasHapus
  2. Bener banget mas, nice informasinya ??

    BalasHapus
  3. Informasinya bermanfaat banget...

    BalasHapus
  4. untuk mobil saya bannya bermerek bagus

    BalasHapus
  5. Pakailah ban standard dari pabrik mobil

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang