23 Jun 2013

Cara Memperbaiki Indikator Bensin Motor yang Mati

Sempat Saya naik sepeda motor tahun lama milik teman, Jarum indikator bensinnya mati. Ini sungguh menyulitkan membuat kita harus mengira-ngira posisi bensin di tangki motor kita.
Tapi saya patut maklumi Motor nyentrik milik kawan Saya ini. Disamping usianya lewat dari 10 tahun yang lebih ngeselin indikator bensin-nya jadi "Semra Wood". Malah Saya jadi korban yaitu disaat saya lihat indikator jarum menunjukan bensin full, eh...ga taunya kosong melompong, untung saja Saya pakai bensin campur (maksudnya campur dorong gituuuu. Di dorong sampai ke bensin eceran).
spedometer indikator bensin motor mati
Teman Saya sebenarnya tau kenapa Indikator bensin motor jadi mati, cuma dia malas memperbaikinya. Sebut saja Oky " pemilik motor itu " dia mengatakan sebenarnya penyebab indikator bensin jadi mati disebabkan karena beberapa hal. Kelistrikan dari aki, pelampung di tangki, masalah kelistrikan, dan speedometer sudah rusak. Jangan selalu beranggapan apabila kerusakan tersebut langsung memvonis speedometer yang bermasalah," ujarnya.

Anda bisa ikuti trik berikut untuk mengetahui penyebab kerusakannya dan bagaimana cara memperbaikinya Indikator Bensin motor yang telah mati :

  1. Kelistrikan Aki
    Sudah dipastikan bila jarum bensin tidak mau gerak jika aki sedang soak, ditambah lagi motor yang tidak ada akinya, arus listrik langsung disambungkan dari spul lampu. Ciri-ciri melihat aki atau baterai sudah lemah sangat mudah, tinggal cek "kesehatan" bunyi klakson atau tekan tombol starter )kalau ada).
  2. Pelampung Bensin
    Seandainya pengecekan aki tidak masalah kita coba memeriksa pelampung bensinnya. Caranya buka jok motor Anda, amati sampingnya tutup bensin terdapat besi yang direkatkan pada bodi dengan baut.
    Ambil obeng dan bukalah komponen tersebut. Copot soketnya, lalu sambungkan di kedua kabel yang membuka (bisa anda cari jumper atau penghantar listrik lainnya untuk mengetesnya). Apabila Anda mencoba menyambungkannya, bila jarum pada speedometer terdapat gerakan, itu dipastikan pelampung bensin bermasalah.
    Bagian itu dinamakan switch, penghubung switch terdapat di pelampung sudah mulai renggang. Disebabkan berulang kali mengenai tekanan pada semprotan bensin ketika mengisi BBM di SPBU. Kalau kata teman saya si Oky, beberapa orang memakai cara termudah dengan cara di ikat atau ditambahkan dengan ring namun tak bertahan lama. Disarankan beli baru dan gak terlalu mahal, paling Rp 150 ribu saja," ujar Oky.
  3. Kabel Jaringan Kelistrikan
    Alur kabel kelistrikan yang menghubungkan jarum bensin itu perlu kita periksa. Kabel jaringannya, urutannya dari aki menuju sekering, diurut lagi ke kunci kontak, indikator jarum/ speedometer, dan kembali lagi menuju daerah pelampung. Tes dengan alat pengukur arus, jika ada yang tidak normal, berarti ada masalah pada jalur kabel.
  4. Speedometer
    Bila ketiga cara diatas sudah kita periksa namun tidak mengalami kerusakan, tapi jarum bensin masih saja menunjukan abnormal. Baru menyalahkan rusak nya spedometer Kita. Memperbaiki spedometer yang telah rusak sangat sulit. Namun bila rusaknya ringan seperti kabel lepas itu bisa kita betulkan, bila tidak bisa terpaksa ganti dengan yang baru.

Demikian yang dapat saya ulas mengenai Cara Memperbaiki Indikator Bensin Motor yang telah Mati, dan semoga Anda dapat mencobanya.

Artikel Terkait:

Posted by: Roy Wijaya Mr
Dealer Mobil Suzuki Semarang, Updated at: 23.41
Comments
4 Comments

4 komentar :

  1. haha motor jaman segitu pasti bakal mati spedometernya karena motor yang dibuat dah jaman waktu saya masih bujang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan menghina atuh mba, gitu-gitu sudah banyak yang nawar. Sebab antik dan bernilai

      Hapus
  2. Kalau motor kaya gitu beli spedometernya dimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di semarang yang jual model spedometer antik kaya gitu, yang sudah tidak diproduksi lagi bisa dicari bilangan jalan barito. Tanya orang aja gan dah banyak yang tau. Tapi ati ati kalau pilih harus lebih teliti

      Hapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
083-84-22-78-725
082-13-37-86-056

PIN BB 26BBCE66

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

artikel paling banyak di baca

gratis-servis-mobil-suzuki

eXTReMe Tracker