Salah Mencuci Mobil bikin Cat jadi Pudar dan Kusam

Mobil kotor bila tidak dicuci pasti merusak cat, jika salah mencuci, cat mobil bikin kusam dan pudar. Seharusnya ada teknik yang wajib diketahui dalam perawatan bodi cat pada mobil Anda yaitu :

Siapkan Alat & Bahan :
  1. Ember
  2. Pengering - Microfiber towel atau Chamois
  3. Applicator - Grout sponge atau Micro Fibre wash mitt
  4. Shampoo Mobil - jangan asal pilih sabun pencuci mobil, seleksi lah terlebih dahulu dan cari yang berkualitas.

Teknik dan Cara Pengerjaan :
  • Basahi mobil Anda menggunakan air hingga basah semua. Pakailah ciduk untuk menyiramnya atau selang air bertekanan rendah. Jangan menggunakan pressure washer.
  • Sambil menunggu air berinteraksi pada kotoran dan debu, shampoo mobil yang kita siapkan tadi kita campurkan pada air sesuai dengan ukuran takaran perbandingan air dan shampoo (bisa lihat pada petunjuk), siapkan larutan shampoo. Ratio campuran : sesuai petunjuk pada botol shampoo.
  • Celupkan grout sponge ke dalam larutan shampoo. Mulai kerjakan dari atas ke bawah.
  • Bilas.
  • Jika mobil berukuran besar, kerjakan per bagian. Artinya, bersihkan dengan grout sponge, langsung dibilas, Jangan dibiarkan kering.
  • Untuk mempermudah pengeringan, air untuk membilas jangan disemprotkan kencang. Cukup dialirkan saja.
  • Keringkan dengan Micro Fibre towel.

Catatan bila menggunakan Synthetic Chamois :
Perhatian khusus bagi Kita semua, disaat mengeringkan bodi mobil dengan Synthetic chamois. Hindari menggosok pada permukaan bodi dan cukup diletakkan di atas permukaan yang hendak dikeringkan dan angkat. Kegunaan dengan chamois disaat Sebab chamois tidak bersifat menyerap debu / kotoran yang tersisa. Jadi, kalau ada debu dan pengeringan dilakukan dengan diseret, otomatis debu akan terseret juga dan ini berpotensi menimbulkan baret-baret halus.
Synthetic Chamois yang disarankan adalah jenis yang memiliki daya serap air yg sangat tinggi / kuat, serta textur permukaan yang halus seperti misalnya buatan Kanebo.

Kesalahan-kesalahan umum dalam pencucian yang sebaiknya dihindari :

  1. Mencuci di bawah terik matahari atau permukaan cat dalam keadaan panas. Kalau ini dilakukan, air akan cepat menguap dan meninggalkan mineral-mineral yang akan membentuk water spot (jamur).
  2. Tidak melap dengan sempurna, terutama untuk daerah-daerah sela-sela, kaca spion, dll. Pernah melihat garis putih melintang ke bawah di bawah kaca spion? Terutama di mobil-mobil warna hitam? Well, itu karena hal ini. Bila perlu, gunakan kompresor untuk meniup habis air yang tersisa di sela-sela.
  3. Sebelum mencuci, mobil disiram sembari dilap dengan halus menggunakan telapak tangan. Ini sama saja dengan yang di atas. Ini sama aja mobil sedang di-wetsanding.
  4. Mencuci hanya dengan menggunakan air + chamois. Kalau ini dilakukan, DIJAMIN 100% mobil akan penuh dengan baret-baret halus / jaring laba-laba.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

6 Responses to "Salah Mencuci Mobil bikin Cat jadi Pudar dan Kusam"

  1. Info yang bagus..
    terimakasih banyak.

    BalasHapus
  2. Sayang banget yah kalo mobil mahal tapi cat nya pudar.

    BalasHapus
  3. Ternyata ngga gampang juga yah nyuci mobil yang bener itu.

    BalasHapus
  4. Artikel yang bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  5. Mencuci mobil baru kali ini ada caranya yang harus hati-hati pada mobil

    BalasHapus
  6. artikel bagus, nanya nih shampoo mobil dan wax/polish, glass scrub rekomendasi dari pihak suzuki apa yah, biar nggak salah nyuci mobilnya..trims Mas Roy...

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang