Selang Radiator Bocor, Anda Bisa Perbaiki Sementara

selang-radiator-bocor
Pernahkan Anda memperbaiki selang radiator yang bocor pada Mobil Anda. Demikian saran atau tips yang dapat membantu sebagai tindakan pertolongan sementara pada selang radiator mobil Anda.
Biasanya ini terjadi pada mobil yang memiliki usia diatas 5 tahun seperti apa yang telah saya alami. Karena pada usia tersebut selang memang seharusnya kita perbarui karena usianya sudah uzur. Bentuk fisik yang sudah mengeras dan bila ujung selangnya kita tekan pada pecah serta getas.

Berawal kisah ketika saya hendak perjalanan arus balik ke rumah Saya sendiri di kota Bandeng Presto Semarang yang baru saja setengah perjalanan tiba tiba mesin mobil saya berjalan agak tersendat-sendat. Saya sempat beranggapan pompa bensin saya apakah mengalami kerusakan, karena dulu sempat saya ganti dengan yang baru. Namun setelah saya paksakan mobil sudah tidak bisa jalan lagi bersamaan dengan temperatur mobil saya yang mendadak naik menunjukan jarum Hot, tersadar mesin panas dan overheat.

Setelah saya buka kap mesin dan ditelusuri selang pada radiator mengalami retak, yang menunujukan sobek sebesar 3 cm. Saya sempat putus asa karena lokasi saya berada di kota Pemalang yang jauh dengan letak bengkel mobil terdekat dan lagi waktu sudah menjelang larut malam.

Tanpa rasa ragu bergegas saya coba mencopot selang radiator tersebut, lalu saya mencari toko bangunan atau toko alat listrik untuk mencari lem Plastic Steal dan Sealer untuk menutupi luka pada selang tersebut. Saya akan terangkan urutan langkah untuk usaha perbaikannya.

Alat yang dibutuhkan
  1. Lem Pastik Steal
  2. Lem Aibon atau Sealer
  3. Kunci Pas dan Obeng min dan plus
  4. Gunting
  5. Lap Kering
  6. Karet Ban Dalem Sepeda Motor
  7. Sabun Cuci Colek
  8. Ember berisi Air bersih.
cara-perbaikan-selangradiator
Cara Pengerjaaannya :
  • Bersihkan selang radiator dengan sabun cuci hingga bersih lalu kita lap hingga kering.
  • Kita gunting ban dalem yang telah kita siapkan tadi, kita bentuk kotak dan dipaskan pada seukuran bagian selang yang sobek tadi.
  • Siapkan lem Plastic Steal dan oleskan hingga merata pada bagian selang yang sobek, lalu tempelkan lembaran ban dalem yang kita gunting tadi. Tunggu hingga betul-betul kering.
  • Setelah kering periksa kembali apakah menempel dengan sempurna. Apabila sudah menempel dengan rapat kita cek selang tersebut, lalu masukan pada ember yang berisi air apakah tidak ada rembesan air pada bagian selang yang kita lem tadi.
  • Agar makin kuat lagi kita lem bagian luarnya dan lilitkan dengan karet ban hingga tertutup secara rapat. Hati-hati dalam melilitkan karet ban pada selang jangan terlalu kuat-kuat memegang selang tersebut, dikhawatirkan selang menjadi sobek kembali.
  • Bila dari semua itu sudah kita lakukan pasangkan selang pada tempatnya lagi dan ujungnya kita oleskan dengan sealer agar supaya air tidak keluar pada celah lubang selang, lalu kencangkan dengan menggunakan kunci atau obeng.
  • Isi radiator dan tangki cadangan radiator dengan air.
Setelah saya coba lihat, tetesan air sudah tidak keluar lagi dan temperatur mesin normal kembali. Maka dengan sangat yakin saya bisa melanjutkan perjalanan kembali.
Demikian cara mengatasi sementara apabila selang radiator mobil Anda bocor, cara diatas dapat Anda coba. Tapi apabila tidak berhasil sudah sepatutnya Anda mencari sparepart yang menjual untuk mengganti dengan yang baru. Harga selang radiator Suzuki yang asli 80 ribuan namun jika tidak asli 35 ribu sampai 45 ribuan.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

3 Responses to "Selang Radiator Bocor, Anda Bisa Perbaiki Sementara"

  1. Artikel yang bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  2. Saya dulu juga pernah mas coba mas benerin selang radiator yang bocor tapi tetep aja bocor. Akhirnya saya ganti dengan yang baru.mungkin cara ini bisa membantu saya di kemudian hari.

    BalasHapus
  3. Tips yang menarik selang radiator sobek bisa dibetulin.

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang