Problema Vibrasi Engine Mounting pada Motor Bebek 4 Tak

touring-motor-suzuki-satria f
Ada info paling gres dari para bikers yang doyan touring pakai bebek 4 tak. Problem vibra pada mesin, ternyata tak hanya disebabkan oleh penyimpangan komponen daleman mesin saja. Problem lain, yakni seputaran kekencangan baut dan mur engine mounting ini juga bisa jadi pemicunya. Dan mengendorkannya bukan disebabkan oleh baut mur dudukannya yang kendor.

Problem lain yang biasa terjadi adalah lubang dudukan baut engine mounting pada rangka berubah makin besar. Kata Mas Jhon pemilik Bengkel khusus motor Suzuki di Demak. Indikasi awal disebabkan, terlambatnya mengencangkan baut ketika mulai kendor. Sehingga vibra mesin yang merambat ke baut tadi akan memperbesar lubangnya, berlaku buat semua jenis motor bebek 4 tak, "katanya".
bengkel-motor-demak
Kalau sudah begitu perlu dilapis dengan plat, sebab kalau di bobok pakai las listrik saja nggak kuat. Jadi tambahan lapisan plat baru tadi, usahakan presisi dengan baut engine mounting. Kemudian las dengan rangka. Untuk jenis platnya, lebih baik pakai jenis bordes atau yang tebalnya 2,5 mm, agar lebih kuat dan tidak vibrasi lagi.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis: