Cek Tiga Bagian Penyebab Lampu HID Mati

Mobil Suzuki Semarang - Penggunaan lampu HID sudah bukan barang baru lagi, sekarang sudah banyak bertebaran merek-merek lampu HID. Mulai dari merek berkualitas bagus sampai yang kurang mumpuni. Harganya pun ada yang dua ratus ribuan sampai tembus jutaan.
Tapi lampu ini suka bikin penggunaan bingung kalo tahu-tahu mati. Kalau masih pakai lampu bohlam biasa sih, tinggal cek fisik bohlamnya atau ganti bohlam maka sudah normal lagi tuh, nah kalau lampu HID gimana?

Ga usah bingung apalagi sampai "mengkudeta hati" buat menjauhi lampu HID hehehe...
Yang dilakukan cek tiga bagian penyebab lampu HID mati, kenapa kok cuma tiga bagian? Sebab kalau tiap beli paket lampu HID kan dapat bohlam HID, relay set, dan ballast, nah pasti kerusakannya pasti yang saya sebutkan tadi.
Ini penjabarannya
Lalu bohlam HID, cara paling mudah dilihat dari fisiknya. Ada yang pecah karena kebocoran arus listrik, tandanya ketika sakelar lampu digeser ke ON dan terdengar bunyi percikan listrik itu berarti ada arus listrik yang bocor dan bohlamnya bisa pecah.
Dan relay set jadi bagian yang paling jarang rusak nih. Cara paling mudah cek sekering, kalo sekering gak ada masalah berarti part dalam relay set yang rusak, mau gak mau harus ganti baru karena gak bisa diperbaiki.
Berikut beberapa harga komponen yang rusak bila ingin diganti yang baru :
  1. Bohlam HID rusak bisa dilihat dari fisiknya, kebocoran arus bisa bikin pecah kaya gini. Mau gak mau harus diganti. Harga nya 120 ribu.
  2. Komponen berupa ballast juga jadi penentu biang utama lampu HID jadi mati. Harga ballast mulai 120 ribu sampai 500 ribu.
  3. Usia relay set relatif awet dengan masa pakai normal sampai 2 tahun loh. Jika rusak dan harus ganti harganya juga murah gak sampai 100 ribu.
  4. Biar mengontrol kestabilan tegangan, disarankan buat pasang voltmeter untuk memantau tegangan listrik aki biar ga merusak sistem lampu.
Demikian informasi pengecekan tiga bagian penyebab lampu jadi mati.
Baca juga : Harga mobil Suzuki Semarang

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

1 Response to "Cek Tiga Bagian Penyebab Lampu HID Mati"

  1. Penjelasannya sangat berbobot lampu hid memang barang baru yang sedang trend dikalangan modifikasi motor atau mobil

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang