Perhatian Tiga Per Kopling CVT Motor Matik

Suzuki Semarang - Sama-sama ada di CVT bagian belakang dan berbentuk pegas, namun beberapa orang menganggap itu adalah per kopling. Itu karena salah satumya yang masuk dalam daftar menu, kalau hendak diupgrade performanya.
Ada juga cara deteksi kalau per kopling sudah menurun kemampuannya. Tanda-tanda Per Skutik perlu diganti :
per-kopling-motor-matic
Tapi tahu enggak, kurang perhatian per kopling CVT motor matik yang jumlahnya cuma 3 (tiga) biji itu bisa bikin performa motor jadi letoy alias loyo enggak bertenaga. Terutama kalau part tersebut sudah waktunya diganti. Ada hal-hal yang enggak perlu dilakukan agar part tersebut enggak cepat menurun performanya.

  1. Pertama adalah dengan merasakan performa skutik itu sendiri dan yang berikutnya melihat secara fisik pada kampas koplingnya. "Putaran mesin bawahnya terasa lemot dan performa skutik baru akan terasa pada putaran mesin tengah sampai atas saja.
  2. Untuk deteksi berikutnya, tentu harus bongkar CVT dulu dan lihat langsung ke kampas kopling yang terdiri dari 3 bagian. Bila per kopling sudah waktunya ganti, biasanya ada perbedaan ketebalan pada masing-masing kampasnya.
  3. Memang agak lama untuk urusan penggantian. Paling butuh waktu 1 tahun pemakaian baru dianjurkan untuk melakukan penggantian part tersebut.
  4. Selain pemakaian normal, juga ada salah perlakuan sehingga umur pakainya lebih pendek. Buka tutup gas secara menyentak apalagi disaat kondisi mesin sedang dingin dan baru saja nyala, jadi penyebab per kopling cepat loyo. Beberapa mungkin tidak mengetahuinya kalau buka gas pada motor matik itu harus ada urutannya. Jadi geber-geber saat kali pertama mesin baru menyala tidak disarankan.
Biar performa skutik enggak loyo, ada baiknya juga cek perhatian tiga per kopling CVT motor matik.
cara-benerin-kampas-motor-matik

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis: