Hujan Berangin Bikin Motor Tidak Stabil

cara-melawan-hujan-angin
Curah hujan yang tinggi sudah melanda 6 hari ini. Banjir juga melanda di wilayah jawa tengah seperti Semarang, Kudus, Jepara, Demak, Pati dan beberapa wilayah lainnya dijawa maupun luar jawa.

Sudah banyak kendaraan yang jadi korban mogok baik roda dua maupun roda empat yang memaksakan kendaraannya menerjang jalan yang dipenuhi banjir. Pembahasan mengenai cara menerjang banjir dengan cara aman juga pernah dibahas diartikel sebelumnya.

Bagaimana jika hujan disertai tiupan angin kencang, ini sungguh merepotan bagi yang memiliki motor ber-roda dua. Sebab angin ini menahan kita disaat menggunakan motor apalagi mengendalikan kendaraannya sehingga bisa membuat kita jatuh tak seimbang, saking kuatnya tiupan angin.
Demikian saran yang saya ambil dari beberapa bikers yang suka nongkrong di wilayah jalan pemuda sebagai berikut :
  1. Kaki juga bisa digunakan sebagai tumpuan kita disaat kurang keseimbangan, sehingga motor roboh bisa diantisipasi. Postur tubuh kita juga bisa diyakini menjaga keseimbangan asalkan tetap rileks, bila tiba-tiba terjadi guncangan mampu menjaga keseimbangannya.
  2. Saat diatas sepeda motor hembusan angin dapat kita rasakan dengan arah kedatangannya, seandainya angin datangnya dari arah samping seolah-olah badan kita terbawa oleh terpaan angin dan kita harus melawannya.Sebagai contoh : jika arahnya dari sebelah kiri, posisikan badan Kita untuk menolak tekanan dari datangnya arah angin untuk melakukan perlawanan. Bila semakin angin berhembus kencang, seharusnya semakin kuat tekanan yang diberikan ke setang.
  3. Angin yang sangat kencang bisa memberikan beban lebih bagi pengemudi motor, terlebih jika tidak kuasa menahan derasnya. Paling aman kita menepi untuk berhenti sejenak. Sebab bila kita memaksakan pohon yang besar sekalipun bisa tumbang dibawanya.
  4. Amatilah kondisi sekitar untuk melihat perubahan arah angin. Bila mata angin bergerak dari belakang atau depan, kemungkinan kita akan terhempas lebih sedikit, jadi kita harus sigap untuk menjaga keseimbangan.
  5. Paling baik posisikan badan Anda sedit rendah, supaya bisa menimalisir hambatan dari terpaan angin.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

0 Response to "Hujan Berangin Bikin Motor Tidak Stabil"

Posting Komentar

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang