Tahukah Anda Cara Lewati Banjir?

ertiga cara lewat banjir
pusatsuzuki.com - Melewati jalan yang tergenang air memang sering dipenuhi rasa was-was. Apalagi bagi yang masih baru saja mengalaminya. Tahukah anda cara lewati banjir supaya aman, demikian saran yang Saya dapatkan dari tim mekanik Suzuki :
  1. Perkirakan ketinggiaan air didepan Anda bila ingin melewatinya. Sebab dengan mengukur ketinggian air tersebut Anda bisa membandingkan letak pada saringan air filter mobil Anda. Berikut rata-rata tingginya saringan udara pada kendaraan pada umumnya :
    - Jenis mobil sedan +/-70cm,
    - Jenis mobil non sedan +/-85cm
    Jika Anda ragu dan tidak tahu ketinggingan air filter udara Anda, lebih baik mengacu pada batas ketinggian ban mobil kita. Disarankan setengah diameter ban mobil Anda. Bila memang ketinggian air cukup tinggi lebih baik mencari rute jalan alternatif yang minim ketinggian airnya.
    Baca Juga : Mitos Naik Mobil Saat Hujan Bikin Boros
  2. Posisikan mobil Anda supaya tidak terlalu ketepi jalan, sebab dikhawatirkan roda bisa masuk selokan, lubang, atau got.
  3. Jika Anda ditemui suatu kondisi jalan banjir yang terdapat aliran air yang deras usahakan Anda menghindar, karena mobil bisa terbawa oleh arus itu.
  4. Jika mobil Anda sudah berjalan di genangan air, pindahkan gigi ke transmisi rendah dan jalankan dengan kecepatan stabil dan konstan. Karena bila Kita berjalan dengan cepat, berisiko menimbulkan ombak atau riak air yang justru bisa masuk ke ruang bakar melalui saluran filter udara.
  5. Jangan pernah Anda lakukan dalam melewati genangan air banjir dengan kecepatan tinggi, itu bisa menyebabkan luka pada bemper yang terbuat dari plastik serta kipas radiator, grill, lampu kabut, dan beberapa komponen lainnya bisa menyebabkan konslet, lecet, dan rusak.
  6. Jika ada jalan yang beralaskan lumpur kurangi kecepatan sebab jalanan sangat licin, itu menyebabkan mobil jadi tergelincir bila tiba-tiba kita rem mendadak.
  7. Alangkah baiknya agar kita aman titik-titik lokasi banjir dapat kita ketahui beritanya dari televisi atau siaran radio.
Sempat ada pertanyaan dari beberapa konsumen, bagaimana jika mesin mobilnya mati disaat melewati banjir. Tim mekanik Suzuki menyarankan supaya tidak terjadi kerusakan dikomponen, seperti water hammer dan konslet pada sirkuit kelistrikan, jangan pernah mencoba untuk menyalakan mesin kembali. Ada baiknya menghubungi derek untuk membawanya ke bengkel.

Apa itu sebenarnya gejala Water hammer, gejala water hammer itu akibat dari air yang masuk di ruang mesin melalui lubang udara. Sehingga air yang tidak bisa dimampatkan seperti udara yang masuk diruang mesin.
Disaat piston naik ke atas, lalu air masuk, maka air tidak tidak bisa dimampatkan, itu bisa bikin stang piston jadi bengkok, dan menghantam blok mesin hingga pecah.
Jika itu bisa terjadi solusinya adalah turun mesin. Biaya nya cukup mahal lho untuk memperbaikinya.

Dengan adanya cara pencegahan diatas kini Anda jadi tahu cara melewati Banjir, kalau memang ketinggian air melewati hingga sejajar dengan filter udara, jangan terlalu dipaksakan ya...

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

1 Response to "Tahukah Anda Cara Lewati Banjir?"

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang