Cara Pengajuan Kunci Duplikat Immobilizer ke Diler

cara duplikat kunci immobilizer
pusatsuzuki.com - Beberapa mobil baru yang telah beredar di Indonesia rata rata sidah dilengkapi sistem pengaman immobilizer, tapi bagaimana cara mengadu pada pihak dealer jika anak kunci mobil tersebut hilang.
Kunci jenis immobilizer merupakan sebuah sistem keamanan pada mobil, yang terintegrasi dengan ECU (Electronic Control Unit) mobil. Berdasarkan dengan kunci biasa, immobilizer dilengkapi microchip yang telah di program agar bisa dikenali ECU. Jika ECU mampu membaca microchip tersebut, maka ECU akan mengirimkan sinyal penyalaan pada mesin mobil, tapi jika mikrochip tidak dikenali ECU, pastinya mesin tidak bakal mau hidup. Walaupun berusaha kita duplikat, bila mana tidak ada chip yang telah berinteraksi pada ECU tetap saja tidak mau nyala.

Tujuan adanya sistem immobilizer agar dapat membantu pemilik mobil  meminimalisir terjadinya potensi pencurian kendaraan bermotor. Tapi pasti Anda khawatir bilamana nanti terjadi kehilangan kunci. Bagaimana solusinya ?
Pihak agen pemegang merek melalui seluruh jaringan deler yang ada di Indonesia rupanya sudah mengantisipasi kemungkinan tersebut. Syaratnya cukup mudah tinggal membawa fotocopy STNK, BPKB dan KTP pemilik mobil saat mengajukan permohonan pengajuan kunci duplikat immobilizer. Kelengkapan dokumen ini untuk memastikan kendaraan yang dimaksud bukan hasil curian.

Untuk membuat duplikasi pihak bengkel resmi menerapkan langkah-langkah yang cukup beragam baik jika yang hilang satu saja atau jika kunci cadangan ikut hilang. Namun pada dasarnya, proses duplikasi ini dilakukan mulai dari menyediakan blank key baru, proses kikir anak kunci sesuai lock set, re-program modul kunci ECU, hingga kemungkinan mengganti modul kunci pada ECU dengan modul yang baru.
Proses penggantian kunci immobilizer di tiap diler resmi akan memakan waktu 2 jam hingga satu hari, jika key blank, lock set, maupun modul smart key pada ECU yang dimaksud tersedia. Kalau mobil mobil yang masih CBU biasanya harus inden dulu satu sampai dua minggu.
Biayanya beragam, jika pada mobil Suzuki harganya 1,5 juta sampai 2,5 juta tergantung yang hilang satu atau dua kunci yang diganti, serta biaya tiap model juga berbeda beda yang akan dibuat duplikatnya tersebut.
Berikut Pengajuan Duplikat di Diler Resmi Suzuki
  1. Konsumen datang ke diler resmi
  2. Konsumen membawa mobil, STNK Asli, BPKB Asli, dan KTP Asli yang sesuai namanya dengan STNK atau BPKB. Jika Mobil merek Suzuki cukup membawa fotocopy STNK dan BPKB bisa di proses.
  3. Konsumen mengisi Surat Pernyataan pembuatan kunci bermaterai yang disediakan pihak diler.
  4. Konsumen mengisi form pemesanan kunci baru.
  5. Konsumen mendapatkan bukti order pemesanan kunci.
  6. Proses re-program modul ECU dengan blank key immobilizer baru.
  7. Kunci baru telah siap digunakan.
  8. Konsumen menyelesaikan pembayaran biaya duplikasi kunci.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

1 Response to "Cara Pengajuan Kunci Duplikat Immobilizer ke Diler"

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang