Mesin Mobil Kotor Bolehkah Dicuci Pakai Air

Merawat mobil kesayangan adalah hal yang paling menyenangkan, terlebih disaat mobil sedang kotor banyak alat pencuci disiapkan untuk membersihkannya.
Sempat dibenak punya keinginan untuk mencuci mesin mobil, tapi hati merasa was-was... Apakah boleh mencuci mobil memakai air?

Banyak pemikiran dan pertanyaan dalam kegiatan membersihkan pada ruang mesin mobil Kita. Saya sempat ngobrol-ngobrol oleh pemilik lokasi tempat pencucian mobil di Plamongan Semarang, sempat ngobrol-ngobrol dengannya. Rupanya penggunaan media air tidak diperbolehkan untuk membersihkan mesin.
Lalu apa yang terjadi bila Kita menyiram mesin menggunakan air, berikut efek yang terjadi :
- Kabel dan soket kelistrikan bisa terjadi konsleting
- Sensor-sensor pada mesin juga bisa terjadi kerusakan
- Filter udara Intake bila kemasukan air, membuat mesin jadi ngadat.

Lalu bagaimana triknya
Kotoran Membandel
Siapkan ember kecil yang sudah tercampur air sabun atau bisa memakai cairan engine degreaser. Semprotan engine degreaser lebih tepat mengenai kotoran yang membandel karena disemprot menggunakan selang kecil jadi tidak kena kabel-kabel atau komponen kelistrikan. Bila sudah di lap hingga bersih.
Kotoran Ringan
Ambil kain dan kuas lalu basahilah dengan air. Kemudian sikat pelan-pelan bagian yang terlihat kotor dan pastikan jika tidak ada air yang masuk ke komponen sensor melalui soket-soket kelistrikan.

Kedua tips berikut butuh ekstra kesabaran, bila dilakukan mobil seperti baru lagi. Disamping itu lebih aman dan minim kesalahan dibandingkan dengan mengguyur atau menyemprotkan air ke mesin mobil.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

2 Responses to "Mesin Mobil Kotor Bolehkah Dicuci Pakai Air"

  1. terimakasih untuk infonya ini

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang