Tahukah Kegunaan Spoiler Sebenarnya

Alangkah manisnya mobil sudah diberi asesoris tambahan seperti Spoiler dan Body Kit menambah citra aksen mobil itu sendiri. Model dan ukurannya beragam serta bahan mulai dari kualitas biasa hingga untuk kebutuhan balap. Saat ini berbagai rupa mulai dari bahan fiber plastik, carbon dengan bentuk sporty, elegan serta balap kebanyakan sudah barang jadi dan terjual banyak dipasaran, tapi ada juga buat sendiri alias custom yang dapat dibuat sesuai keinginan.

Berikut Kegunaan dan Manfaat dari Tambahan  variasi berupa Sayap pada Mobil

Body Kit
Komponen tambahan yang melekat pada bodi mobil banyak jenisnya terdiri dari : bawah bumper bodi (under spoiler body kit), samping bawah bodi (under spoiler body side skirt), spoiler atas (upper spoiler kit).
Pabrikan SGP (Suzuki Genuine Part) telah membuat bodykit memang lebih memaksimalkan manfaat aerodinamika bodi, jadi tiap kegunaan item body kit memiliki fungsi yang berguna dalam kestabilan.
Bagaimana dengan model custom apakah baik pembuatannya, jika bengkel customnya profesional tentu membuatnya tidak asal-asalan mereka juga mendesignnya lebih presisi dengan kualitas maksimal. Ditambah memperhitungkan nilai aerodinamis kendaraan tersebut bila diberikan spoiler dan body kit.

Menyinggung kegunaan body kit :
  • Bawah bumper bodi (under spoiler body kit)
  • Samping bawah bodi (under spoiler body side skirt)
SUZUKI POSTING
Memiliki fungsi yang sama, yaitu memberikan ground clearence mobil tersebut agar menjadi rendah supaya memperkecil masuknya angin pada bawah mobil. Seandainya mobil melaju dengan kecepatan tinggi dapat mengurangi efek limbung atau melayang, tetapi bila dicermati pemakaian sekarang kebanyakan tidak memikirkan nilai estetika aerodinamika.

SPOILER
Selanjutnya adalah spoiler atas (upper spoiler kit) singkatnya orang menyebutnya spoiler. Posisinya berada dibelakang dibagian atas. Memang spoiler ini mirip dengan wing, namun lebih simple dan berbentuk lebih landai langsung melekat pada body. Sebenarnya manfaat utama spoiler berkaitan pada body kit bawah untuk mengurangi gejala melayang saat mobil melaju (Fungsi Aerodinamika). Spoiler kini bisa dipakai untuk apa saja dan bisa dikombinasikan pada mobil apa saja membikin penampilan mobil standar jadi lebih menawan.
Rupa dari spoiler sering kita lihat kebanyakan bentuknya lebih kecil, dari bentuknya mengikuti struktur buntut mobil mengekor keatas seperti buntut itik, orang barat sana menyebutnya duck tail (bukan goyang itik lho...). Bahan dasarnya bisa dibuat dari plastik, fiber atau karbon. Pengerjaan pembuatan spoiler fiber untuk custom dari awal hingga jadi rata-rata 3 sampai 4 hari. Kalau add-on jenis karbon penyesuaian pada bodi kendaraannya.

Wing (sayap)
Kalau model wing tidak cocok digunakan untuk mobil harian, ini lebih cocok dipakai mobil balap karena wing penempatannya di buritan paling belakang fungsinya meningkatkan traksi ban.
Wing atau sayap diyakini dapat memberikan kontrol lebih baik, sebab aliran angin yang menerpa pada mobil dapat dibelokkan dengan penekanan dibagian buritan (Downforce) hal tersebut dapat memberikan mobil dapat melaju dengan mulus dan tidak melayang walaupun dengan kecepatan tinggi disaat menikung tajam. Seperti diketahui wing ini beda dengan spoiler, dia bagaikan sayap ekor pesawat yang terpasang oleh tiang kuat penyangga, umumnya berbahan karbon dan besar.

Untuk pertandingan balap mobil, pemakaian wing bukan untuk asesoris supaya terlihat manis, tapi memang memberikan kestabilan mobil balap tersebut. Sehingga penggunaan wing dengan bahan karbon lah yang dipercaya lebih kuat dan juga ringan disamping itu tidak mudah patah. Beda dengan yang memakai fiber dapat mudah patah dan pecah, bila menggunakan bahan besi memang tidak akan patah tapi sangat berat dan lagi beban mobil jadi berat serta menghambat laju mobil tersebut. Tapi saat ini wing yang sering dipakai tidak hanya digunakan balap saja, sebagian orang juga ada yang mengunakannya sebagai tambahan asesoris dan modifikasi (itu semua hanya untuk kebutuhan fashion saja).


Memang ada pabrikan khusus yang membuatkan wing add on untuk kebutuhan asesoris, pemasangannya tidak sulit. Caranya mudah, untuk pemasangannya antara wing dengan kap bagasi awalnya harus diberikan sealant dahulu agar posisinya presisi, kemudian diikatkan oleh mur dan baut, jadi bagasi harus dilubangi seukuran diameter mur dengan presisi agar tidak ada lubang lebih yang dapat dimasuki air.
Ada juga request wing custom yang kini sudah banyak workshop-nya, sanggup membuatkan beberapa model. Kalau di Semarang tempatnya di Puri Anjasmoro dan Andurahman saleh, mulai dari bahan hingga jadi dan pemasangan memakan waktu hanya 4-5 hari. Harganya mengikuti tingkat kesulitan, yang pasti untuk wing berbahan karbon lebih mahal dibandingkan dengan yang berbahan material fiber.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

6 Responses to "Tahukah Kegunaan Spoiler Sebenarnya"

  1. sekarang jadi tahu kegunaan spoiler sesungguhnya setelah membaca artikel ini, terima kasih infonya.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. pengen punya spoiler model carbon untuk pasang di mobil saya

    BalasHapus
  4. oh gtu ya trimakasih boos.......

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang