Pasang Busi Motor Harus Pakai Teknik

teknik pasang busi
Busi memang kadangkala perlu perawatan dengan mengganti busi baru, namun dalam melepasnya maupun memasangnya hanya sekedarnya saja. Padahal pasang busi harus pakai teknik supaya tidak merusak komponen yang disekitarnya. 
Mari kita simak Memasang Busi yang paling baik : 
Alat yang digunakan kunci busi yang sudah disediakan oleh pabrikan sepeda motor. Kalau Mobil tidak diperbolehkan membuka busi karena khawatir dapat merusak bahkan garansi mesin akan hilang. Dengan tersedia nya kunci busi motor, dapat mudahnya mencopot maupun memasangnya. Tapi kebanyakan orang suatu hal yang tidak diketahui bahkan sedikit sembrono dalam pemasangan seringkali suka kekencengan dan bablas pasang busi motor harus pakai teknik. Tidak diperbolehkan apabila memasang busi asal-asalan. Mengganti busi, sebelumnya Kita juga harus mengenal tiap merek dan modelnya karena busi juga punya ukuran drat yang berbeda. Bisa dibayangkan bila dipaksakan menggunakan busi yang dratnya kepanjangan, seharusnya pakai drat pendek. Bila piston mengenai busi celaka klep jadi bengkok.
Demikian juga pakai busi yang dratnya terlalu pendek, yang seharusnya pakai drat yang panjang. Ujung elektroda busi pasti tak akan sampai keruang bakar mesin. Mau pakai stater model apapun bahkan sampe di dorong mesin ga bakalan hidup.

Jika sudah memilih busi yang tepat dan ukurannya sudah pas, dalam pemasangan jangan terlalu kencang, cukupan saja tapi juga kencang. Tidak diperbolehkan juga bila membuka atau memasang busi disaat mesin sedang panas bisa-bisa drat blok mesin bisa jebol alias dol. 

Cuma dua pilihan bila itu dilakukan yaitu drat busi yang aus (dol) atau head silinder yang mengalah alias dol akibat pengencangan saat mesin selagi panas. Bila itu terjadi terpaksa dibawa ke tukang bubut untuk dibuatkan lagi ulir dratnya. Biasanya akan lebih besar ukuran diameternya dan harus menyesuaikan lagi untuk partnya jadi tambah repot lagi. Paling aman tunggu mesin hingga benar-benar dingin. Maka dari itu pasang busi motor harus pakai teknik, kelihatannya mudah tapi juga bisa beresiko fatal.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

6 Responses to "Pasang Busi Motor Harus Pakai Teknik"

  1. makasih infonya bang.
    sangat bermanfaat. http://goo.gl/EzDbEM

    BalasHapus
  2. makasih uda berbagi info yang bermanfaatnya gan..

    BalasHapus
  3. content you serve a very useful and needed a lot of people . thank you

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang