Tips Mudah Bayar Perpanjang Pajak Online Mobil Motor

Suzuki Semarang berbagi informasi dalam pengurusan pajak online. Dahulu masyarakat yang mempunyai kendaraan motor harus direpotkan untuk datang ke Samsat setiap tahunnya demi mengurus perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan. Namun kini dengan cara bayar pajak secara online, perpanjangan STNK bisa dilakukan melalui transaksi elektronik.
Dengan begitu masyarakat tidak perlu lagi untuk datang ke kantor Samsat, mengorbankan waktunya untuk mengantri berjam-jam dan sekaligus bisa menghindarkan diri dari Calo yang umumnya meminta bayaran yang mahal.
Bahkan pemerintah juga terus meningkatkan pelayanan melalui inovasi baru dari Dispeda (Dinas Pendapatan Daerah) yang menerima proses pembayaran STNK online lewat ATM. Tetapi program tersebut masih sebatas pada provinsi tertentu.

Pembayaran pajak online kendaraan bermotor semakin mudah berkat Samsat Online
    Dengan pesatnya perkembangan teknologi, maka masyarakat kini bisa menikmati berbagai kemudahan termasuk  ketika ingin membayar pajak online mobil dan motor melalui Samsat online. Samsat online ini menyediakan sejumlah pelayanan dalam pembayaran pajak kendaraan, diantaranya:
  1. Kendaraan bermotor dalam kondisi tidak ganti STNK
  2. Kendaraan bermotor dalam pengesahan STNK 1 tahun
  3. Kendaraan bermotor dalam kondisi tidak terlambat melebihi 1 tahun
  4. Kendaraan bermotor yang tidak dalam kondisi rusak atau hilang, laka, lapor jual serta kriminal
  5. Kendaraan bermotor yang disertai KTP pemilik asli, BPKB dan STNK

Pajak online mobil dan motor ini secara umum memiliki 2 manfaat, yakni:
  1. Untuk wajib pajak
    Samsat online memudahkan proses pembayaran pajak kendaraan bermotor, sebab bisa membayar pajak kendaraan di kantor Samsat manapun selama masih 1 provinsi
  2. Untuk Samsat
    Samsat online memberikan data yang up to date dan akurat sehingga penerimaan dan realisasi per UPT DPP bisa dilihat secara keseluruhan
    Hingga saat ini pembayaran pajak online kendaraan bermotor sudah bisa dilakukan di sejumlah provinsi, misalnya :
    1. http://www.esamsat.jatimprov.go.id/ untuk wilayah Jawa Timur
    2. http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/ untuk wilayah Jawa Barat
    3. http://dppad.jatengprov.go.id/ untuk wilayah Jawa Tengah
    4. www.esamsataceh.com untuk wilayah Nangroe Aceh Darusalam
    5. http://samsat-pkb-jakarta.go.id/INFO PKB

Tips pajak online mobil dan motor di Samsat online per-wilayahSebenarnya sebelum diberlakukan pembayaran transaksi elektronik untuk perpanjangan STNK ada 3 wilayah yang sudah melakukan pembayaran via online yakni: Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta.Dengan begitu penduduk yang memiliki KTP bekasi bisa mengurus pajak STNK di DKI Jakarta.
Tetapi tidak semua Samsat yang terdapat di Jakarta bisa melayani pengurusan STNK secara online. Adapun wilayah Samsat yang bisa diakses via online, antara lain:
  • Jawa Barat: Cikarang-Bekasi, Cinere dan Depok bisa mengurus pajak STNK di Samsat BSD, Samsat Jakarta Selatan dan Samsat Cikokol
  • Banten: Samsat Cikokol. BSD, Ciputat, Ciledug dan Balaraja bisa memproses STNK secara online di Samsat Cinere dan Samsat Jakarta Selatan 
  • DKI Jakarta: Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat bisa dilayani di Samsat Cinere, Samsat BSD dan Samsat Cikokol secara online
    Fitur dan layanan samsat online di sejumlah daerah memang sedikit berbeda. Untuk itu anda perlu mengetahui cara pembayaran pajak online kendaraan bermotor melalui Samsat online berikut:
  1. Samsat Online Jawa Tengah
    Pembayaran pajak online kendaraan bermotor wilayah Jawa Tengah bekerja sama dengan Bank Jateng, meski membayar pajak online namun hanya bisa dilaksanakan di ATM Samsat Bank Jateng. Sebab ATM ini didedikasikan bagi wajib pajak yang hendak melakukan pembayaran via online. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa mengakses situs Dispenda Jateng. 
  2. Samsat Drive Thru DKI
    Pembayaran pajak online kendaraan bermotor melalui Samsat Drive Thru di DKI Jakarta ini pemilik rekening Bank DKI bisa melakukannya di ATM terdekat. Sementara selain nasabah Bank DKI bisa melakukan pembayaran di gerai Samsat Drive Thru atau loket bank.
    Pembayaran pajak melalui Samsat Drive ini sangat praktis sebab hanya memberikan BPKB, STNK serta KTP atas nama BPKB lalu membayarnya. 
  3. Samsat Terpadu di wilayah Jawa Barat
    Cara bayar pajak secara online di E-Samsat Jawa Barat bisa dilakukan di ATM BJB sebagai bank yang diajak bekerjasama. Syaratnya data STNK sama dengan pemilik rekening, lalu anda bisa mengikuti tahapan :
    1. Kirim SMS dengan format: esamsat (nomor chasis) (nomor KTP) (Email)
    2. Cek status data KTP/NIK, blokir dan curanmor kepada server Polda
    3. Lalu akan ada balasan SMS yang berisi: data kendaraan, kode bayar, dan jumlah tagihan 
    4. Wajib bayar bisa membayar pajak di ATM Bank BJB dengan mengikuti opsi dan memasukkan kode pembayaran ketika data kendaraan dan jumlah penetapan telah disepakati
    5. Bila transaksi sukses akan memperoleh struk bukti pembayaran pajak dan mendapat SMS konfirmasi pembayaran pajak motor
    6. Lalu tukarkan struk pembayaran dengan SKPD di Samsat 
  4. Samsat Jawa Timur
    Cara bayar pajak secara online melalui E-Samsat Jawa Timur memiliki fitur yang lebih bagus daripada E-Samsat Jawa Barat. Sebab pembayaran STNK tidak hanya lewat ATM tetapi juga Bank Jatim serta bisa diakses melalui internet banking dan mobile banking.
Dengan adanya cara bayar pajak secara online untuk STNK melalui Samsat online ini masyarakat yang  tidak mempunyai waktu luang dan biasa memakai jasa calo akan sangat terbantu.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

3 Responses to "Tips Mudah Bayar Perpanjang Pajak Online Mobil Motor"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat Berkualitas dan bermanfaat.. Update terus ya dan salam sukses Gan!
    Kunjungi website kami ya di www.agenpoker.biz

    Agen Poker
    Agen Poker Online
    Bandar Domino Online
    Judi Poker
    Agen Capsa Susun Online
    Agen Poker Domino

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang