Berapa Lama Waktunya Umur Kampas Rem Mobil Harus Diganti

Ganti Kampas Rem Mobil Kapan Sih Idealnya Perlu Kita Ganti Baru

Sistem rem adalah salah satu bagian penting dari kendaraan. Sebab, komponen dari tiap lapisan rem berhubungan langsung dengan keamanan mengemudi. Berjalannya waktu penggunaan terus menerus, kinerja kualitas pengereman akan akan berangsur-angsur berkurang. Apalagi daya cengkram  rem untuk menghentikan laju mobil akan menurun. Maka sangat penting lah ganti kampas rem mobil, komponen ini sangat vital sekali. Maka sangat dianjurkan segera untuk mengganti kampas rem mobil tersebut agar sistem pengereman lebih terjaga dan pentingnya akan keselamatan dalam berkendara.

Menurut penuturan seorang Mekanik Suzuki Mas Miftah, berkata sebenarnya ke awetan beberapa komponen rangkaian rem cukup lama usianya, bisa digunakan puluhan ribu kilometer seperti Piston rem, ABS, selang-selang. Namun yang sangat diperhatikan pada Kampas Rem serta Oli Rem perlu kita cek secara berkala. Bila kita abaikan runtinnya pengecekan Rem bisa berakibat fatal, sebenarnya biaya ganti kampas rem tidak terlalu mahal namun bila kita jarang mengeceknya ongkos ganti kampas rem bisa jadi mahal karena Kita mengabaikannya. Sayangkan kalau begini, sudah cari duit susah eh tau tau rusak bisa gigit jari Bro....(Ane Curhat,hahahaha)
Berdasarkan rekomendasi pabrikan beberapa merek mobil, rata-rata idealya penggantian kampas rem saat mobil sudah mencapai jarak tempuh 35.000 sampai 40.000 kilometer, paling lamanya 70.000 Km. Posisi Rem ada dua kalau bagian depan menggunakan Rem Cakram dan bagian belakan sistem rem tromol. Edisi yang akan datang Saya akan mengulas cara mengganti kampas rem mobil dan cara mengganti kampas rem tromol belakang mobil.
Mengganti Kampas Rem Mobil


Tanda atau Ciri Kampas Rem Perlu Diganti Pada Mobil Anda

Tugas kampas rem bertugas 'menggigit' disc atau rumah tromol berfungsi untuk mengurangi kecepatan mobil. Memang sih tugas sangat berat karena dia terus menerus menahan laju mobil yang bergerak sangat cepat. Maka benar benar perlu diperhatikan karena komponen ini harus selalu prima, bila tidak nyawa taruhannya.
Maka Anda harus mengganti bantalan rem secara teratur untuk mempertahankan keandalannya. Oleh karena itu, tips berikut untuk mengetahui kapan lapisan rem harus diganti sebagai berikut :

Besaran Cairan Oli Minyak Rem

Lapisan kampas rem yang mulai menipis membuat bidang tekanan pada lining rem makin dalam. Akhirnya yang jadi kena batunya volume cairan rem di selang jadi meningkat. Efeknya, cairan oli rem di tabung penampungan akan lebih diserap dalam pemakaian olinya maka akan cepat menyusutnya oli rem tersebut. Tapi dirasa perlu mengecek apakah terjadinya kebocoran dalam sistem pengereman, bisa jadi sih. Paling tepat, disaat memeriksa lining rem Anda wajib cek saluran dari tabung ke rumah rem.

Mengapa di Saat Menginjak Pedal Rem Jadi Makin Dalam

Lapisan Kampas Rem yang sudah aus membuat pijakan kaki rem mobil Anda jadi lebih dalam. Tentunya faktor utamanya kampas rem yang tipis. Maka Kita jadi sering melakukan pengijakan pedal rem yang berulang-ulang karena berasal dari master kampas rem bermasalah. Nah ini Kita harus memeriksanya dan memastikan.

Jarak Tempuh Perjalanan

Perjalanan yang jauh, maupun berkendara dikota apalagi sering melalui kemacetan, dan rute perjalanan yang panjang membuat kehidupan lining rem kampasnya akan cepat habis.
Disarankan bagi pengemudi melakukan penggantian Kampas Rem Jika mobil telah menempuh perjalanan 60.000 - 70.000 km untuk jenis kendaraan manual, kemudian bagi mobilnya bertransmisi matic direkomendasikan penggantian kampas rem 35.000 - 40.000 km. Kenapa Mobil bertransmisi matic lebih sering penggantian kampas rem nya,karena pengereman engine brake nya tidak ada maka penahan laju kendaraan semua dipasrahkan pada rem sehingga penggunaan remnya lebih sering.


Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

0 Response to "Berapa Lama Waktunya Umur Kampas Rem Mobil Harus Diganti"

Posting Komentar

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang