27 Des 2012

Kelebihan Kekurangan Jok Kulit Asli dan Semi Kulit

Kelebihan dan Kekurangan menggunakan Sarung Jok Kulit Asli dan Semi Kulit serta Perawatannya.
Melanjutkan pembahasan kemarin mengenai penjelasan perawatan jok kulit mobil, kali ini saya akan bahas secara detailnya mengenai Kelebihan dan Kekurangan menggunakan Sarung Jok Kulit Asli dan Semi Kulit yaitu :

kelebihan kekurangan jok semi sintetis synthetic
Jok Semi Kulit (Synthetic Leather)
Jok semi kulit (synthetic leather) memiliki beberapa kelebihan :
Dari segi harga sangatlah murah, dan beberapa kalangan pasti mampu untuk membelinya. Di beberapa toko variasi jok kulit biasanya rata rata orang menjualnya antara 1 sampai 2 juta untuk jenis sedan dan jenis mobil SUV kisaran antara 2 sampai 3,5 juta. Dibeberapa wilayah kota biasanya harganya berbeda, dan juga tingkat kemahalannya diukur banyaknya bahan yang dipakai dan tingkat kesulitannya. Kemudian tiap merek pricenya juga beda dan tempat anda memesannya.
  • Semi Kulit Sintetis dalam merawatnya sangatlah mudah dibanding kulit asli.
  • Kulit Semi Sintetis tidak gampang kotor bila terkena air tidak akan menyerap jadi tidak akan merusak lapisan tekstur semi kulit sintetis.
jok semi kulit sintetis warna variasi
Jok Semi Sintetis Warna lebih bervariasi
  • Semi Kulit Syntetic ini memiliki berbagai varian warna dan teksturnya lebih banyak dibandingkan dengan bahan kulit asli. Untuk pencinta modif yang ingin menampilkan tampilan warna-warna eksotis hanya semi kulit sintetis lah yang menyediakan, untuk bahan kulit asli tidak terlalu lengkap varian warnanya.
Keunggulan dari Semi Kulit sintetis tapi pasti juga memliki kekurangannya yaitu :
  • Kulit semi sintetis ini masa pemakaiannya hanya dapat bertahan sekitar tiga tahun saja.
  • Untuk bahan semi kulit tidak memiliki aroma khas kulit. Aroma ini menjadi ciri khas aroma interior pada beberapa mobil premium seperti Mercedes Benz dan BMW.
  • Bahan kulit jok ini memang panas bila kita duduki kalau dari merek yang tidak terkenal atau merek yang jelek, tapi jika dari merek yang terkenal bahannya tidak panas.
  • Bahan sintetis cenderung sulit dibuat bermodel-model. Misalnya bila dikerutkan maka kerutannya tidak akan sebagus dengan menggunakan bahan kulit asli. Malahan hasil kerutannya lama-lama akan menghilang karena 'melar'. Maklum bahan dasar kulit sintetis ini adalah PVC.
  • Kulit imitasi yang berbahan sintetis ini teksturnya tidak berpori jadi kalau dipegang tidak sebaik kulit asli.
  • Bahan sintetis akan melar pada sarung jok mobilnya, biasanya 2 sampai 3 tahun kemudian setelah selama pemakaian. Terlihat dari kondisi fisik jok semi kulit terlihat kendur atau kendor, tampilan modelnya tidak lagi seperti semula, dan warna mulai pudar dari waktu ke waktu.
Ada beberapa bahan sintetik yang sangat baik kualitasnya dan awet setahu saya merek terkenal antara lain MBTech, AP Force dan dan lain-lain. Untuk bahan sintetis ini biasanya mendapat garansi 1 sampai 2 tahun dari beberapa pengerajin toko variasi jok mobil.



kelebihan kekurangan rawat jok kulit mobil
Jok Kulit Asli (Genuine Leather)
Saya lanjutkan penjelasan mengenai Jok kulit asli (original leather).
Kelebihan bahan jok kulit asli antara lain:
  • Jok bahan kulit asli 100% ini dibeberapa pengerajin jok mempercayakannya dengan bahan kulit sapi, yang telah diolah melalui berbagai macam proses dan pewarnaan cat dengan cairan zat khusus untuk bahan dalam pembuatan jok mobil.
  • Warna kulit tidak akan pudar jika kita memakainya sewajarnya. Biasanya hanya sedikit kotor atau menipis karena bergesekan dengan celana kita, tapi dalam waktu yang cukup lama.
  • Bahan Kulit Asli ini bila kita duduki tidak akan panas apalagi bersentuhan dengan tubuh, malah memberikan kesan dingin dan sejuk.
  • Cepat melepas panas dibandingkan dengan bahan sintetis sehingga terasa lebih sejuk dalam keadaan bagaimanapun juga.
  • Anti gores dan lebih awet (tahan lebih dari lima tahun).
Untuk kekurangan dari bahan kulit asli ini adalah agak sedikit gampang mudah kotor karena tekstur dari kulit asli original sifat nya berpori dan mudah menyerap. Dari segi perawatannya memang kita harus lebih ekstra. Tapi yang bikin kita gigit jari yaitu harganya sangat mahal sekali dibanding dengan bahan sintetis. Untuk biaya pembuatan jok berbahan kulit asli biayanya sekitar 7-8 juta untuk mobil MPV dan untuk jenis sedan 5-7 jutaan. Harga tergantung pada merk, kualitas dan tempat anda memesan.
Biasanya jok kulit asli ini banyak di import dari luar negeri karena mutu dari bahan kulit impor lebih terjamin. Untuk produk lokal masih belum mumpuni, bukannya kita tidak mencintai produk lokal tapi kebanyakan produk lokal tidak bisa menjaga kestabilan kualitas.

Anda dapat membedakan antara kulit yang asli dengan kulit imitasi :
  • Bahan kulit asli sifatnya sangat lembut. Bila diremas kulit terasa liat, bukan keras.
  • Kulit asli berkualitas telihat selalu basah, dan awet dipakai sedangkan kulit sintetis akan terlihat agak berkilap dan kering.
  • Untuk bahan kulit asli, bagian belakangnya bertekstur lembut sedangkan untuk kulit sintetis bagian belakangnya terasa keras dan kasar dan sering kali tertera merk pabrikannya.
  • Kulit bahan asli tersedia dalam bentuk lembaran sedangkan bahan kulit sintetis tersedia dalam bentuk gulungan seperti gulungan karpet.
  • Bila kulit imitasi bersintetis kita tekuk warna menjadi memudar sebab akan 'melar'. (mungkin tidak terjadi pada semua merk).
Walau Anda memilih bahan kulit asli kita harus selalu merawatnya. Semakin Anda rajin merawat bahan tersebut jok mobil anda akan awet. Yang Roy ketahui dari sekian banyak merek kulit asli yang terkenal yang sering digunakan yaitu Autoleder, Abroscco, dan lain-lain.


Perawatan.
Untuk prosedur perawatan standar biasanya membersihkan dari debu dan kotoran dengan mengunakan kain lap sedikit basah pakai chamois ya. Tapi merawat kulit agar lebih maksimal Anda butuh sesuatu yang ekstra :
  • Seperti kulit manusia, bila terlalu kering kulit akan bersisik. Begitu juga dengan kulit asli agar tidak retak dan kasar, untuk menjaga kelembapan Anda dapat menggunakan "lotion" khusus. Produk yang mudah didapat di toko adalah KIT leather lotion. Harganya berkisar Rp 25.000 untuk satu botol 275 ml.
  • Untuk bahan kulit sintetis cukup gunakan cairan pembersih vinyl. Ada berbagai macam merek pembersih vinly Anda tidak sulit untuk mendapatkannya.

Demikian penjelasan Kelebihan dan Kekurangan menggunakan Sarung Jok Kulit Asli dan Semi Kulit serta Perawatannya.

Artikel Terkait:

Posted by: Roy Wijaya Mr
Dealer Mobil Suzuki Semarang, Updated at: 23.04
Comments
13 Comments

13 komentar :

  1. Kunjungan Pertama mas..salam kenal..;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas dan SAlam kenal juga, makasi sudah mampir

      Hapus
  2. informasinya mendetail sekali :D
    trims kawan

    BalasHapus
  3. Betul Mmg kulit sintetis tdk mudah kotor dan jika kotor mudah membersihkannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah punya pengalaman ya Pak Arifie membersihkan jok mobil dengan kulit sintetis

      Hapus
  4. Lau model MB Tech termasuk k jenis kulit apa ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mb tech ya jelas jenis semi sintetis cuman kulitas semi kulit sintetisnya berkualitas dan baik. memang mau pasang jok kulit mobil ya bro...

      Hapus
  5. Lau model MB Tech termasuk k jenis kulit apa ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu mah kulit sintetis lah om.

      Hapus
  6. Pengrajin jok cover kulit sintetis yg lumayan bagus dan murah di semarang dimana ya om bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di daerah jalan karyadi di situ ada coverjok bagus

      Hapus
  7. Mantab keren pusat suzuki lengkap banget memberikan saran dan tips

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
083-84-22-78-725
082-13-37-86-056

PIN BB 26BBCE66

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

artikel paling banyak di baca

relasi customer mobil suzuki gratis-servis-mobil-suzuki

eXTReMe Tracker
cari artikel suzuki