Waspada Mobil Mogok dari Banjir

waspada mobil kena banjir
Akhir menjelang tahun ini di bulan november dan desember hingga bulan kedepan sudah menjadi pergantiannya musim penghujan. Di beberapa titik kota besar sudah menjadi apa yang namanya banjir seperti Jakarta, Semarang, Demak, jambi, palangkaraya, dll.
Bagi pemilik mobil pasti ada kekhawatiran karena jika air masuk kedalam ruang mesin bisa berakibat fatal bagi pemilik mobil dan siap-siaplah untuk turun mesin. Biasanya terjadi korban di area perkantoran atau dan perumahan selalu menjadi titik rawan banjir maka kita harus waspada mobil mogok dari banjir

Dibawah ini ada beberapa saran ringan mengurangi kerusakan fatal kendaraan Anda, yaitu :

Waspada Mobil Mogok dari Banjir

Kabel Aki
Buka kap mesin Anda lihat pada bagian aki kemudian lepas kabel keduanya pada kedua arus +(positif) dan -(negatif)agar supaya menghindari arus pendek (korsleting), jika terjadi konsleting bisa berefek pada komponen elektronik mobil Anda.
Hindari Menyalakan Mesin
Jika mesin mobil Anda terendam banjir hindari untuk menyalakannya. Seandainya mobil ingin dipindahkan cukup didorong saja. Bahaya besar seandainya mesin dinyalakan, kemungkinan air banjir terhisap banyak sampai ruang mesin bisa fatal akibatnya. Electronik pada komputer juga bisa konslet mesin karena bisa menyebabkan adanya korslet dan ke dalam mesin.

Rem Tangan
Jangan posisikan aktif pada rem tangan Anda, ganjal saja mobil Anda dengan batu atau masukkan persneling ke gigi 1. Fungsinya agar kanvas rem tidak melekat apalagi pada mobil yang masih menggunakan rem tromol.

Oli
Periksa kondisi oli baik pada bagian transmisi, mesin dan lainnya setelah mobil mengalami banjir. Oli juga pasti tercampur dengan air sebaiknya kuras semua oli maupun minyak tersebut dengan oli baru.

Tangki Bensin
Pada bagian tangki bensin walaupun kondisi tangki tertutup rapat, alangkah baiknya dikuras juga. Supaya lebih yakin bensin tidak tercampur air disamping itu menghindari karat pada bagian dalam tangki.

Busi
Busi keringkan, beserta saringan udara (Air Filter), karburator, koil, alternator, delco (distributor) kabel-kabel. Kemudian pada seluruh bagian atau komponen mobil yang berhubungan dengan kelistrikan, pastikan semua sampai benar-benar dalam kondisi kering lalu lakukan pemeriksaan semua fungsi-fungsinya masing-masing komponen tersebut.

Audio Sistem
Periksa audio sistem serta head unitnya, pada speaker biasanya rusak si kalo kena banjir. Sebab dibagian depan terdapat konusnya yang tak kuat mengenai air.

Karpet
Jok Mobil, Karpet Mobil, Doortrim Mobil serta bagian Interior Mobil yang lainnya dilepas dan dikeluarkan pada tempatnya. Sekiranya dapat dicuci, dicuci dahulu untuk melepaskan pasir dan kotoran lainnya akibat sisa-sisa dari banjir. Setelah itu keringkan agar tidak menyebabkan timbulnya jamur dan bau tidak sedap serta menghindari terjadinya karat pada bagian dalam kabin.

Komponen ECU
Biasanya mobil yang sudah menggunakan sistem komputer injeksi yaitu sistem ECU, alangkah baiknya diperiksa dan di cek di bengkel resmi Suzuki, sebab komponen ECU sangat riskan dan sensitif bisa terjadi kemungkinan mengalami kerusakan akibat telah terendam banjir.
Apabila sudah di cek mesinnya di bengkel, amati kondisi mesin pada saat menyala lalu dengarkan apakah terdengar ada suara mesin yang aneh atau tidak layaknya mesin normal.

Rem
Untuk mengeringkan rem disk brake dan tromol, jalankan mobil Anda sambil menginjak pedal rem untuk mempercepat pengeringan sistem rem.
Mobil yang telah terendam banjir biasanya mengalami kerusakan dan tidak normal. Semoga dengan adanya tips dan saran ini Anda bisa menghindari kerusakan yang lebih fatal serta meminimal kan kerugian. Semoga bermanfaat bagi otomotif mania. Salam

Terima kasih Anda telah membaca artikel Waspada Mobil Mogok dari Banjir.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

3 Responses to "Waspada Mobil Mogok dari Banjir"

  1. Mobil mogok kalo disaat kena banjir susah ya, bisa rugi biaya dan waktu

    BalasHapus
  2. Mobil Apv hebat banget bisa tembus banjir...

    BalasHapus
  3. Kebetulan keluargaku pny APV, enak lho,ga takut banjir..jd kl pas ujan pasti aku pake APV...wus..wus..bablas banjirnya

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang