17 Jan 2013

Meredam Getaran Mesin Diesel agar lebih Halus dengan Cara Mudah

meredam getaran mesin diesel
Anda pasti tahu karakter dari sebuah mesin Diesel yang dikenal sebagai mesin  berkarakter galak dan powerfull. Karena awalnya dibuatnya dari mesin diesel ini untuk kendaraan khusus pengangkut beban berat, sebab mempunyai karakteristik torsi yang besar dengan RPM rendah.

Cuma saja suara & getaran yang dihasilkan dari mesin Diesel umumnya lebih terasa daripada mesin Gasoline. Sebenarnya bisa dikurangi dan sedikit di redam untuk mengurangi suara dan getaran dari mesin Diesel.

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan di antaranya :

  • Meningkatkan Daya Lumas Diesel Fuel (Solar)
Daya lumas solar (Diesel Fuel) adalah sangat penting, dimana Diesel Fuel harus mampu memberikan pelumasan yang baik terhadap pompa injeksi mesin Diesel.

Sebab pompa injeksi pada mesin Diesel itu ibarat sebuah kompressor yang mana membutuhkan pelumasan untuk piston-piston & plunger-plungernya, agar piston kompressor bekerja lebih ringan, plunger-plunger bekerja lebih maksimal.

Daya lumas Diesel Fuel kadang menjadi kurang maksimal apabila Diesel Fuel terkontaminasi zat-zat lain seperti air / kerosene / Gasoline atau jika mendapat Diesel Fuel dengan angka Parafin yang agak rendah.

Maka untuk meningkatkan daya lumas pada Diesel Fuel bisa dilakukan dengan menambah additive bahan bakar yang bersifat Lubricant / pelumasan atau menggunakan Diesel Fuel berkualitas baik dengan kandungan additive yang lengkap.


  • Peningkatan Cetane Number (CN)

Peningkatan angka Cetane dengan Cetane Booster atau menggunakan Diesel Fuel dengan CN yang tinggi (51 - 54) juga akan membantu menyempurnakan proses pembakaran yang mana salah satu efeknya juga akan membuat suara & getaran mesin Diesel menjadi lebih halus.
diesel ignition
Dengan angka Cetane yang lebih tinggi maka akan membuat proses pembakaran menjadi lebih 'instant' alias mengurangi proses pembakaran yang panjang atau yang disebut 'Self Ignition Delay' (SID).

SID inilah yang turut membuat getaran dan suara mesin Diesel menjadi lebih besar, SID disebabkan penggunaan Diesel Fuel dengan CN yang rendah (48 atau lebih rendah).


  • Purging

Pembersihan Injector & Nozzle membuat pengabutan lebih sempurna, sehingga pembakaran lebih optimal, berpengaruh terhadap getaran mesin (Lihat artikel Purging sebelumnya).


  • Penggantian Filter Solar Secara Teratur

Filter solar yang sudah agak mampat, secara otomatis akan turut membebani kerja pompa injeksi dalam menghisap bahan bakar, maka itu filter solar sebaiknya diganti secara teratur.


  • Penggunaan Pelumas yang Berkualitas



  • Engine Mounting

Bagi mobil Diesel yang sudah berusia di atas 3 - 4 tahun atau sudah menempuh jarak di atas 70.000 Km biasanya engine mounting mulai getas & agak gepeng, membuat getaran mesin menjadi lebih terasa di body mobil. Jika engine mounting sudah mulai getas / agak gepeng, maka gantilah engine mounting.







Anda telah membaca " Info Meredam Getaran Mesin Diesel agar lebih Halus dengan Cara Mudah "

Salam Mobil Suzuki Semarang

Artikel Terkait:

Posted by: Roy Wijaya Mr
Dealer Mobil Suzuki Semarang, Updated at: 10.32
Comments
2 Comments

2 komentar :

  1. akhirnya ngerti juga sedikit tentang mesin. bagus infonya, males juga kalo mesin berisik.

    BalasHapus
  2. Lebih awet lagi mesin diesel pakai pertamina dex supaya tidak terjadi penyumbatan di nozzle.

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
083-84-22-78-725
082-13-37-86-056

PIN BB 26BBCE66

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

artikel paling banyak di baca

gratis-servis-mobil-suzuki

eXTReMe Tracker
cari artikel mobil