7 Feb 2013

Awas bila Temperatur Mobil Anda Cepat Panas

Tips Umum - Suhu temperatur mesin mobil Anda meningkat merupakan suatu hal wajar untuk mobil yang sudah berumur atau sudah lama, ini ditandai adanya kenaikan suhu meningkat secara cepat, apalagi baru saja mobil dipakai dalam perjalanan yang tak cukup jauh. Segeralah periksa bagian pendingin pada radiator, karena fungsi daripada sistem di sirkulasi air pendingin tidak berfungsi dengan baik. Untuk itu cermati beberapa penyebab permasalahannya:
  1. Bisa akibat di tutup radiator, karena karet dalam tutup tersebut sudah getas dan rapuh. Maka lekas diganti, sebab apabila kondisi tutup radiator sudah tidak layak ini tetap digunakan, dapat menyebabkan bocornya di penampang tutup air radiator yang akan berdampak pada peningkatan suhu mesin Mobil.
  2. Kemungkinan bisa karena bocor nya radiator. Cermati pada bagian radiator, apakah terdapat kebocoran-kebocoran kecil? Cara mengetahuinya pada saat suhu mesin dalam kondisi yang cukup panas. Cara lain untuk mengetahui kebocoran pada radiator, dapat dilihat di bentuk fisik radiator. Hal ini dapat ditandai pada jejak-jejak kebocoran berupa aliran karat yang mengering pada bagian yang bocor.
  3. Untuk Point ke 3 bisa disebabkan di saluran radiator menjadi tersumbat. Hal ini perlu menjadi perhatian kita, karena radiator merupakan barang yang sensitif jadi perlu dirawat dengan baik. Bisa dilakukan pengurasan berkala dan penggunaan cairan khusus yang mengandung sifat anti-korosif.
  4. Amati kerja kipas radiator, untuk yang berpenggerak mekanis, cek juga bagian tali kipas apakah bekerja dengan baik. Bagi yang menggunakan electric fan sebagai penggerak, switch dan motor fan pastikan dapat bekerja dengan baik sesuai dengan peningkatan suhu mesin yang terjadi.

Semoga bermanfaat
Salam
Suzuki Pemuda

Artikel Terkait:

Posted by: Roy Wijaya Mr
Dealer Mobil Suzuki Semarang, Updated at: 00.03
Comments
6 Comments

6 komentar :

  1. yang perlu di perhatikan dalam menjaga radiator adalah air radiatornya

    BalasHapus
  2. Info bermanfaat, teruskan penelitiannya

    BalasHapus
  3. Mas kalau kipas radiator putarannya kurang kenceng apa dinamonya ya yang lambat

    BalasHapus
  4. Bisa jadi dinamo kipas radiatornya itu mas yang bermasalah

    BalasHapus
  5. Mas bro numpang tanya...mobil carry 1.0 saya kalau sudah panas lalu mesin dimatikan untuk dihidupkan lagi susah sekali, cuma bunyi ngeek..ngeek trus berakhir dengan bunyi ctek..ctek..kadang harus menunggu 45 menit baru bisa hidup lagi. Kemarin batu arang dinamo starter sudah diganti, kira-kira apanya ya? Sampai-sampai accu juga di cas...
    Tolong masukanya gan terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aneh ya padahal sudah di ganti ya dinamo stater nya
      APA karena Itu bos businya atau oli mesin belum naik.

      Hapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
083-84-22-78-725
082-13-37-86-056

PIN BB 26BBCE66

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

artikel paling banyak di baca

gratis-servis-mobil-suzuki

eXTReMe Tracker