Memelihara Rem Mobil di Saat Musim Hujan

cara merawat rem mobil saat hujan
Mobil yang dapat melaju kencang butuh keamanan yang dapat mengurangi dan memberikan kestabilan disaat menemui jalan yang berkelok-kelok maupun jalanan yang lurus, tapi disaat musim hujan memelihara rem mobil sangat jarang sekali, melihatnya saja tidak.
Maka dari itu kita harus memperhatikan untuk menjaga kondisinya agar tetap selalu prima.
Tanpa sengaja kita melewati jalanan yang banjir dengan ketinggian genangan air 1/2 roda atau bahkan lebih, yang mana air tersebut merendam komponen rem pada Mobil Anda.

Disini yang Roy bahas tips perawatan rem pada Drum Brake (atau ada yang bilang Rem Tromol), rem ini mayoritasnya letaknya berada di roda belakang.

Cara ini juga berlaku bagi mobil yang masih menggunakan sistem pengereman Drum Brake / Rem Tromol, mari kita simak tipsnya :
  1.  Tahap pertama bukalah ban mobil dan buka juga Drum Brake.
  2. Setelah Drum terbuka, pada bagian dalam pasti terdapat kotoran yang berasal dari sisa kampas rem yang telah bergesekan dengan besi. Anda cukup bersihkan dengan kompresor bertekanan angin tinggi.
  3. Lakukan servis / pembersihan normal semestinya pada rem tersebut.
  4. Tahap akhir Anda bisa memberikan brake protection (perlindungan rem) dengan memberi sedikit zat pelumas spray / anti rust-lubricant spray pada bagian-bagian yang diberi panah merah (sedikit saja), bertujuan untuk mencegah oksidasi komponen Drum Brake.
  5. Lalu Anda cek bagian paling bawah, (Anda bisa melihat gambar diatas) dengan ditunjukkan panah merah, setelah disemprot zat pelumas spray / anti rust-lubricant, diamkan sesaat hingga agak mengering, serta lap bagian bawah linkage jika terlihat ada zat pelumas yang menetes.
  6. Setelah itu drum bisa dipasang kembali dan pastikan roda bergerak dengan bebas saat diputar / tidak tertahan.
Berita Penting !
Zat pelumas spray jangan sampai mengenai permukaan kampas rem dan setidaknya kita jadi tahu cara memelihara rem mobil di saat hujan.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

2 Responses to "Memelihara Rem Mobil di Saat Musim Hujan"

  1. Rem Mobil saya kemarin juga abis di servis. Sungguh sedih melihat kejadian banjir di Jakarta di setiap tahunnya

    BalasHapus
  2. Rem tromol kalo terkena air jika di gunakan pasti mengeluarkan Suara berdecit. Apa dalamnya seret ya

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

close
call center suzuki