Jangan Terlalu Lama Pakai Ban Cadangan Kecil

ban serep kecil
Suzuki Semarang - Beberapa pabrikan merek mobil saat ini tidak semua merek mobil menggunakan ban cadangan yang seukuran standarnya. Sebab kegunaan ban cadangan kecil sifatnya hanya sementara. Yaitu menghantarkan si pemilik mobil ke bengkel tambal ban terdekat.
Bila di Suzuki Ertiga, ukuran ban cadangannya sama dengan ukuran pelek standar. Namun tidak memakai pelek racing.
Tujuannya agar kita ingat untuk memperbaiki ban yang kempes akibat kena paku atau benda tajam lainnya.

Ciri dari ban cadangan kecil antara lain, dari segi besar, ukuran lebar pelek dan ban memang lebih kecil dari biasanya. Namun bisa membantu dalam kondisi darurat.
Menurut penuturan salah satu pemilik toko variasi pelek racing di Semarang yang letaknya berada di jalan Majapahit, " Sebenarnya pemakaian ban cadangan kecil sah-sah saja tapi jenis ban tersebut merupakan (temporary tire/half size spare tire) dimana Kita harus memperlakukan khusus dengan alasan keamanan bukan larangan seperti :
Batasan
Hindari mengemudikan Mobil Anda diatas kecepatan 60 km/jam dan kalau bisa batasi perjalanan jarak tempuh hingga 50 km saja. Supaya beban ban tidak terlau berat disaat Anda bermanuver di jalan raya.
Pemakaian ban cadangan tersebut bisa dipakai berulang kali dan untuk masa penggunaan ketebalan tapak ban dapat mencapai 50 persen, informasinya detailnya bisa di lihat di samping dinding ban.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis: