Tahukah Anda Masa Pemakaian Umur Ban Mobil

ban-swift
Kami rasa Anda pasti mengerti cara mengetahui ban bocor, pecah, retak bahkan rusak, tapi apakah Anda tahu masa pemakaian umur ban mobil ?

Mengenal dari historis dan berjalannya waktu dari tahun ke tahun medan jalan yang dilalui bermacam-macam mulai dari jalan halus, kasar, berbatuan, berlubang hingga berlumpur. Perubahan iklim dari panas sampai dingin juga sering dirasakan, sehingga akan semakin berkurang kualitasnya, yang menyebabkan kerusakan tergantung masa dan waktu seperti mengelupas, sobek, retak yang sudah tidak layak digunakan lagi.

Rata-rata dari pabrik menganjurkan setiap penggantian jika sudah berumur enam tahun dan maksimalnya delapan tahun, walaupun kondisi masih terlihat seperti baru.

Memang sih bila tidak digunakan bila kita simpan dapat bertahan cukup lama, tapi konsumen perlu tahu kapan ban tersebut dibuat. Bila ingin tahu kapan ban itu dibuat, pertama kalinya bisa Anda lihat di dindingnya biasanya dalam bentuk kode sesuai dengan regulasi yang ada. Tapi bila kita coba lihat agak sedikit membingungkan karena terdapat banyak tulisan yang tidak dapat dipahami.

Berikut tanda-tanda untuk mengetahui masa Pemakaian Umur Ban Mobil
Sebagai contoh :
  • Biasanya dimulai dengan bisa Anda lihat tulisan SNI (Standar Nasional Indonesia) atau DOT (Department of Transportation).
  • Lalu Pada akhiran diangkanya terdapat tiga angka (sebelum tahun 2000) atau empat angka (setelah tahun 2000), kode ini menandakan dua digit pertama untuk pekan kemudian diikuti dua digit berikutnya untuk tahun kelahiran.
Sebagai Contoh
  • DOT BG23 GKB 3011 artinya bila ban dibuat pada minggu ke-30 di tahun 2011.
  • SNI SU34 BTY 3012 artinya ban diproduksi pada minggu 30 pada tahun 2012.
usia-umur-masa-pakai-ban-mobil
Untuk informasi, dua digit setelah kode DOT atau SNI menandakan kode pabrik, diikuti dengan kode ukuran ban. Empat digit setelahnya adalah kode perakitan dari pabrik.

Seandainya bila menemui kasus produksi ban yang mencantumkan hanya bertahan dua tahun saja, alangkah baiknya Anda konsultasi kepada penjual ban. Mudah kan... dan kini Anda telah tahu kapan masa pemakaian umur ban mobil sebenarnya.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis: