Cari Tahu Mesin Terasa Berat Saat Menanjak

cari tahu mesin terasa berat saat menanjak
Pernahkah anda merencanakan pergi wisata bersama keluarga namun mobil atau kendaraan yang anda tumpangi mogok atau mesin terasa berat? Mungkin anda pernah mengalami hal seperti itu. Mesin mobil terasa berat saat menaiki tanjakan yang lumayan. Anda pasti bertanya-tanya penyebab mesin mobil terasa berat apalagi anda telah yakin mobil selalu servis tepat waktu.

Apa Yang Menyebabkan Mesin Kendaraan Terasa Berat Saat Menanjak?
Saat mobil atau motor anda menghadapi medan yang menanjak dan sulit, mungkin akan terdengar bunyi tik tik atau engine knocking. Bagi anda yang telah berpengalaman menghadapi medan menanjak seperti ini pasti langsung mengerti bahwa mesin mobil anda mengalami pembakaran yang terlalu cepat.
Sebenarnya semua mobil yang menghadapi tanjakan akan mengeluarkan bunyi tik tik tapi dari bunyi inilah anda akan mengetahui kualitas mesin mobil anda. Lalu, jika mesin terasa berat saat menanjak maka anda memang perlu melakukan pemeriksaan pada mobil atau motor.
Selain faktor pembakaran bahan bakar yang terlalu cepat hingga menciptakan ledakan prematur hingga mesin mobil tak kuat menanjak bahkan mogok, ada faktor lain yang mempengaruhi mesin mobil tersebut.
 Faktor tersebut antara lain spesifikasi bahan bakar yang tidak sesuai dengan mesin mobil, kualitas bahan bakar yang jelek tentu sangat berpengaruh, karburator mobil yang bermasalah, deposit kerak pada busi yang berlebihan serta saringan udara yang mengalami gangguan hingga pencampuran udara dengan bahan bakar mengalami masalah.  
Nah, servis yang paling penting untuk kendaraan yang mengalami banyak kendala adalah tune up.
Baca Juga : Harga Biaya Servis Suzuki
Hal ini berfungsi untuk mengembalikan mesin mobil yang mengalami banyak kendala kembali seperti mesin standar sebelumnya. Yang paling penting sendiri adalah melakukan prosedur yang benar.
Bagaimana Prosedur Tune Up Yang Benar Pada Kendaraan Yang Bermasalah?
Prosedur tune up yang benar akan berlangsung jika anda menyiapkan peralatan yang dibutuhkan lebih dahulu. Ada baiknya jika peralatan tersebut dimasukkan dalam satu kotak atau toolbox agar lebih mudah dan praktis. Peralatan yang diperlukan dalam proses ini antara lain kunci pas, kunci ring, obeng positif negatif, pengukur celah, ampelas, timing light, tes kompresi dan kain lap.
Mengapa penting meletakkan peralatan dalam prosedur tune up dalam satu kotak peralatan? Sering kali kita mengetahui bahwa mesin mobil mengalami kerusakan akibat kelalaian yang dilakukan oleh diri sendiri seperti lupa meletakkan peralatan tersebut di dekat mesin mobil.
Peralatan kecil seperti kunci pas, kunci ring, obeng dan kain lap sering tertinggal di dekat mesin mobil yang mengakibatkan kerusakan fatal pada mobil itu sendiri. Contoh kasus yang sering terjadi yaitu kunci pas yang bisa mengakibatkan kebakaran karena menghubungkan kutub positif dan negatif accu. Kerusakan itu tentu bisa membahayakan penumpang karena bisa memicu kebakaran. 
Lalu, setelah anda yakin semua peralatan telah berada dalam satu kotak maka anda juga perlu untuk melihat kondisi peralatan yang digunakan dalam proses servis. Peralatan harus dalam kondisi baik bukan rusak karena tentu akibat yang ditimbulkan bisa buruk jika peralatan rusak seperti misal kunci retak atau kabel terkelupas.

Urutan Prosedur Tune Up Yang Benar
  1. Memeriksa filter udara
    Filter udara adalah bagian komponen yang paling utama harus dicek lebih dahulu. Jika diservis paling akhir akan berpengaruh pada komponen mobil yang lain. Filter udara memang harus diganti minimal sekali dalam setahun.
  2. Membersihkan dan menyetel ulang platina
    Setelah membersihkan saringan udara, anda perlu memeriksa platina. Pembersihan platina tentu akan membuat pengapian yang berbeda dibanding sebelum dibersihkan dan dipasang dengan benar pula. Karena pemasangan yang kurang benar akan mengakibatkan hubungan singkat dengan mesin mobil.
  3. Memeriksa kabel busi
    Kualitas pengapian tergantung pula dengan nyala api dan kabel busi. Anda harus memeriksa terlebih dahulu kabel busi sebelum menyentuh busi. Kabel busi berfungsi sebagai penghantar tegangan ke busi itu sendiri jadi pilihlah kabel yang berkualitas baik agar tidak terjadi percikan bunga api liar hingga mesin mobil menjadi terganggu.
    Baca Juga : Ciri Busi Harus di Ganti
  4. Memeriksa tutup distributor
    Anda harus memastikan jika tutup distributor tidak retak, arang pada tutup distributor tidak aus serta tertutup rapat.
  5. Memeriksa accu
    Anda harus memeriksa bahwa air accu cukup  yaitu berada diantara level teratas dan level terbawah. Juga penting membersihkan accu dari jamur dan karat.
  6. Memeriksa busi dan menyetel celah katup
  7. Positive Crank Case Ventilation (PCV)
    Ini mencakup penyetelan putaran mesin saat pengapian, penyetelan idel dan tali kipas

Proses sudah selesai dan anda bisa mencoba menghidupkan mesin mobil. Jika anda tidak menemukan gangguan pada suara mesin mobil, getaran dan asap knalpot yang normal maka proses tune up berjalan dengan baik. Anda telah yakin bahwa mesin mobil telah kembali normal dan bisa mengendarai dengan nyaman tanpa takut mobil terasa berat saat menghadapi medan yang menanjak. Apabila di rasa usia mobil Anda sudah lama dan banyak perawatan yang banyak menghabiskan biaya, sudah saatnya peremajaan kendaraan anda dengan mobil baru. Berikut info harga terbaru Suzuki 2017 apabila ingin mengganti dengan unit yang terbaru.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

1 Response to "Cari Tahu Mesin Terasa Berat Saat Menanjak"

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

close
call center suzuki