Pasang Lampu HID Ertiga Bikin Aki Ngedrop?

pasang lampu hid ertiga
Selain mesin ada komponen penting bagi kendaraan Kita yaitu Aki atau Accu. Baterai Aki atau Accu memiliki aliran listrik yang berguna untuk menjalankan sistem kelistrikan pada kendaraan maupun motor.
Sering beberapa kali mekanik Suzuki Semarang maupun sparepart ditanyai oleh konsumen yaitu lampu HID Ertiga bikin aki ngedrop, benarkah?

Beberapa tim mekanik Suzuki Service dan Part menyarankan pasang lampu HID di Ertiga daya listrik nya jangan terlalu besar itu bisa bikin aki ngedrop dan tekor. Kalau Watt ketinggian nasib si Aki ga akan tahan lama "kata Mas Miftah (senior mekanik Suzuki Pemuda kawasan Semarang Tengah)
Mas Miftah berkata " pasang lampu HID Ertiga watt nya sewajarnya saja supaya aki awet "
Kenapa aki lebih cepat tekor dari watt kebesaran pemasangan lampu HID, sebab mobil memiliki komponen alternator yang menghasilkan arus bolak balik dan alternator lah yang menyuplai aliran listrik ketika mobil dalam keadaan hidup.
Baca Juga : Mengembalikan Listrik Aki yang Sudah mulai Melemah
Fatal bila total penggunaan listrik lebih besar daripada yang dihasilkan alternator, maka Aki atau Accu lah yang harus menanggung beban berat semua kelistrikan itu.

Sebagai contoh altenator sebesar 35 ampere, kemudian 35 ampere membagi untuk seluruh komponen mobil yang ada. Bila muatan listrik melebihi batas pastinya aki bakal ngedrop.
Ujar Mas Miftah banyak hal aki cepat ngedrop antara lain pemasangan aksesoris seperti menanamkan lampu variasi berlebihan tentunya akan menguras banyak daya listrik. Berikut aksesoris yang membutuhkan arus listrik besar yaitu headlamp, foglamp, lampu tembak, dan audio membuat kerja keras aki jadi besar kemudian pengisian tidak cukup karena pemakaian yang berlebihan.

Saran terbaik agar pasang lampu HID Ertiga tidak bikin aki ngedrop yaitu pilihlah lampu yang tepat serta sesuai kebutuhan. Bila ingin pasang lampu HID sebaiknya menggunakan jenis LED supaya aki jadi awet dan tahan lama.
Baca Juga : Cek Tiga Bagian Penyebab Lampu HID Mati

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

2 Responses to "Pasang Lampu HID Ertiga Bikin Aki Ngedrop?"

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang