Menipiskan Goresan pada Cat Mobil

menghilangkan-goresan-mobil
Tips Umum - Sedih rasanya mobil kesayangan kita yang tiap hari kita rawat cat timbul goresan atau beset tanpa kita sadari. Goresan dan beset bisa timbul pada saat kita parkir dijalan atau di mall. Bisa jadi senggolan atau orang iseng yang sengaja menggores bodi mobil Anda. Ini yang bikin mengganggu kita, goresan kecil tersebut membuat mobil jadi tidak enak dilihat. Dengan bentuk goresan yang terlihat samar-samar atau goresan yang lebih besar lagi. Keadaan dijalan pun tidak memungkiri terkena senggolan, yang berakibat luka pada bodi kita ditambah lagi bekas cat mobil dan motor yang menempel di mobil kita. Kalau dulu biasanya bengkel cat menghilangkan atau membuat tipis goresan biasanya menggunakan compound atau sejenisnya.

Kalau jaman sekarang cara tersebut sudah kuno dan tidak dipakai lagi, karena efek dari pemakaian compound bisa memudarkan cat. Dapat dibuktikan pada kain yang dipakai untuk menggosok permukaan cat terlihat luntur oleh warna cat mobil.
Saya dapat bocoran dari salah satu bengkel cat mobil di daerah jalan hasanudin Semarang, rumornya juga buka cabang di salatiga (saya tidak bisa menyebutkan namanya), soal cara terbaru pakai obat. Sudah banyak kok yang menjualnya, jadi cari aja di berbagai toko cat. Yaitu cairan (saya tidak bisa menyebutkan mereknya) yang pasti bisa membuat tipis/menyamarkan goresan tanpa harus memudarkan cat. Ini yang bisa dijadikan informasi Anda dalam mengakali dalam menyamarkan/menipiskan goresan cat tersebut.
beret mobil
Dipasaran banyak yang menjualkan cairan khusus tanpa bikin cat pudar, pakai cairan yang berjenis scratch remover. Caranya juga mudah.
Prosesnya antara lain sebagai berikut!
  1. Mobil harus keadaan bersih dengan di cuci pakai sampo, supaya minyak, debu dan kotoran lain dapat rontok dan terlepas di permukaan cat mobil. Lalu keringkan dengan lap jenis chamois.
  2. Langkah dua bisa di siapkan 2 lap yang bersih. Obat cairan bisa kita berikan pada goresan tadi kemudian kita gosok dan di lap dengan kain bersih. Tunggu beberapa saat kemudian dan lap kembali dengan bersih. Tanda bahwa obat tersebut baik atau tidak, bisa dilihat pada kain yang sudah dipakai tidak ada lunturan cat saat menggunakan compound.
  3. Dua urutan diatas bisa dilakukan pada goresan bagian yang lain.
  4. Kalau goresannya agak besar, bisa dilakukan berulang-ulang dan lebih sedikit diberi tekanan menggosoknya. Memberi tekanannya juga jangan terlalu kuat khawatir bisa-bisa bodi mobil bisa penyok. Cara ini bisa diterapkan pada cat mobil atau motor yang menempel saat bersenggolan. Namun apabila luka goresan yang cukup dalam tidak bisa diterapkan dengan cara ini.
Penjelasan mengenai obat/cairan untuk menipiskan goresan pada cat mobil hanya sifatnya untuk membuat samar-samar saja bukan menghilangkan goresan. Kelebihanya tidak menyebabkan cat pudar.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

4 Responses to "Menipiskan Goresan pada Cat Mobil"

  1. Kalau saya hilangkan beret mobil biasanya pakai kit mas, tapi apa bisa pakai cara itu

    BalasHapus
  2. Terima Kasih sobat udah mau membagi ilmunya .

    BalasHapus
  3. Memang sulit menjaga keadaan bodi mobil supaya terhindar dari goresan

    BalasHapus
  4. Klo dicompound cat nempel tu lapisan clear udah ilang suhu,..klo swirl remover sebenarnya coumpound jg tp soft,..pinternya orang marketing aja dah,..hehe,..klo udah parah ya direpaint,..

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING
ROY

Telp atau SMS
0819-1433-4492
082-13-37-86-056

PIN BB = D54-9C-BEC

pusatsuzuki@yahoo.com

Dealer Suzuki Semarang

close
call center suzuki